Mengenang Aplikasi Messenger Ponsel Java

Ilustrasi Chat Messenger

Hehehe, lagi melamun tau-tau keinget dulu pernah pakai ponsel berbasis j2me yang bisa buat jalananin aplikasi-aplikasi java buat ponsel, nah disitu banyak sekali aplikasi yang saya pasang, salah satunya adalah mobile messenger, banyak sekali aplikasi messenger yang saya coba , sebagian bertahan dan sebagian tidak, karena merasa tidak terlalu penting , berikut ini beberapa aplikasi java messenger yang pernah mengiringi kehidupan saya, yups, akan saya ceritakan pengalaman saat menggunakan mereka semua heheheheheheheheheh.


Mig33
saya pakai aplikasi ini waktu pertamakali memiliki ponsel yang bisa buat java, nah disitu saya kadang merasa sedih, wkwkwkwkwkwkwkwk maksudnya bukan itu, disitulah pertama kali saya berinteraksi dengan user-user mig33 yang unik-unik, kita ga tau namanya, semua pakai username yang kebanyakan nama samaran dan cuman chat doang, di aplikasi ini dulu kalau mau beli emoticon yang lebih banyak harus beli, purchase, cuman kita bisa dapet balance buat purchasenya kalau ada yang join ke mig33 lewat refferal link milik kita, nah aplikasi ini sering saya gunakan buat ngrusuh, kan ada banyak tuh room-room yang tersedia, masuklah ke salah satu room yang udah dijanjikan sama temen-temen , langsung dah ada yang nulis kata-kata sewot dikit kita rusuh semua, tapi hal itu tidak berlangsung lama, karena polisi-polisi klonengan banyak yang mengintai cuman masuk room tau-tau kick aja, tanpa vote kita udah ga di room lagi alias dikeluarkan, ya emang bisa gitu, orang yang vote klonengannya semua,jadi cepet, wkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwk, dan disini juga saya pertama kali dapet kenalan dari dunia maya, awalnya ngobrol pakai chat, lama-lama ngaku naman asli dan alhasil minta alamat friendsternya(dulu fs masih sangat booming, dan facebook jaman itu masih sepi , soalnya saya udah punya akun facebook juga tahun-tahun itu, cuman karena peminat belum banyak, fs lah yang jadi prioritas).Dan sampai sempet tukeran no ponsel juga, lumayanlah itung-itung dapet temen juga cewek pula, lumayan cantik trus sampai sekarang masih nyambung, tapi dari dulu cuman sebatas teman dunia maya ya saling support gitu,  kalau sekarang dia udah jadi ibu, hehe selamet ya ;) itulah pengalaman waktu eksis dengan mig33, klonengan ku juga dulu banyak, cuman jarang tak buka semua.

Nimbuzz

Ini apikasi saya pasang hanya karena rekomendasi dari temen, tapi karena ga begitu suka lalu saya hapus saja aplikasinya, tidak ada kenangan yang signifikan pakai aplikasi ini, cuman dulu kalau dapet balesan chat apa kalau ada chat hpnya langsung bergetar.

Ebuddy Chat 

Nah ini lumayan, dulu sempet saya gunakan waktu saya masih PKL SMK, dulu cuman buat online facebook sama yahoo messenger, maklum, belum punya komputer, jadi mikir , aplikasi apa yang bisa biar chat facebook bisa online dan bisa chat, soalnya dulu waktu jamannya facebook mau booming banget, temen saya udah banyak di facebook, eittss belum ada tulisan alay ya, masih pada pakai nama asli, yang nama panggilan cuman di Friendster saja, kalau di facebook lebih banyak nama aslinya, tapi semua itu musnah ketika negara api menyerang, wkwkwkwkwkwkwkw maksudnya ketika demam alay, dan banyak banget yang ganti namanya trus nulis huruf kecil gede, pernah mau ikut-ikutan nulis huruf begitu, tapi ga tau kenapa, apa ngga bakat, malah mau bales sms yang harusnya semenit udah selesai ketik jadi seperempat jam, alhasil saya ga ngikutin tren tulisan gede kecil jaman itu tapi ikutan baca juga sih, soalnya kebanyakan temen sama posting komentar di facebook waktu itu pada nulisnya kek gitu sebelum ada istilah kata alay.

MXIT

Nah ini dia aplikasi yang setia menemani saat-saat senang maupun susah pada jamannya, kalau jaman sekarang mungkin mirip whatsapp, kenapa ? karena itu aplikasi buat konfirmasi sama ngeadd juga pakai nomor ponsel yang didaftarkan, jadi mungkin saja whatsapp itu adalah perkembangan atau ide lain dari aplikasi ini yang di terapkan dalam smartphone, hanya saja sampai sekarang mxit juga masih ada. Ini adalah messenger wajib pada jaman saya SMK , karena jama itu belum booming smartphone , PDA phone juga keknya masih berlalu-lalang dipasaran, cuman kebanyakan remaja pakai ponsel yang bisa buat aplikasi java, jadi mxit bisa digunakan buat ngganti sms kalau sama temen, biaya yang dikenakan buat messengeran juga murah banget, tapi tergantung operator, dulu saya pakainya operator aiemteri(nama disamarkan) disitu mxit yang ada di ponsel saya on kan terus, malah sering banget chat sampai ketiduran, bisa ngirim gambar juga, nyimpen message juga bisa, dulu udah praktis banget ini messenger, sampai-sampai temen-temen hampir sekelas pakai mxit, gunanya yaitu, buat ganti sms, karena lebih murah, dulu saya cuman
kena sehari tak on kan cuman 500an perak, tapi walupun di on ga bisa seperti whatsapp yang autorun, kalau mxitnya kita minimize terus ada pesan masuk ya ga bunyi, tapi kalau tetap konek, kalau kita buka mesti kalau ada pesan langsung ada gambar ikon surat ketutup, asik banget ini aplikasi sampai akhirnya banyak yang meninggalkan mxit karena deman android menyerang dan smartphone menjadi booming, disitulah akhir masa kejayaan bermain mxit dulu, teman-teman yang ada di list sudah pada off, bahkan ada yang hapus akun mungkin, tapi sampai sekarang ini mxit saya masih sering saya onkan di PC pakai pidgin, dan kontaknya yang dulu masih kesimpen semua, kadang sering saya buka, lucu liat foto-foto profilnya teman mxit dulu yang sekarang udah pada tambah dewasa . Diantara messenger yang pernah saya gunakan, emang mxit paling joss deh menurut saya, karena ya temen-temen dulu banyak yang pakai , jadi kalau pagi-pagi tanya jadwal atau liburan atau mau main, mesti chat dulu di mxit, entah kenapa kalau habis maghrib sama habis subuh banyak temen yang on dulu, jadi lebih praktis dan pesan sudah pasti tersampaikan , dulu
waktu ramenya on malem , pulang sekolah sama pagi habis subuh, itu waktu-waktu pada on dan ga di minimize tapi ada juga waktu jam belajar sekolah pada on, hanya sekedar on dan pada away di statusnya.

Nah itulah beberapa aplikasi mobile messenger jadul yang pernah saya gunakan, karena sudah ada smartphone mereka menjadi tak sebooming dulu karena juga bersaing dengan messenger lainnya. semoga bisa menostalgia anda juga , pada dasarnya chat messenger kan untuk menjalin sebuah komunikasi juga hanya saja memakai teknologi internet, waluapun
kadang bisa saja digunakan buat rusuh seperti yang pernah saya lakukan, asal jangan buat jualan yang nipu-nipu.

semoga terkenang kembali dan semoga bermanfaat.