Bermain Biola Itu Susah Banget


Heheheheheheheheh, halo apa kabar pembaca, kali ini saya pengen bahas soal musik walaupun saya bukan lulusan sekolah musik dan sarjana musik, kan katanya musik bahasa universal jadi ya bebas aja asal indah. Nah sesuai judul , saya pengen share aja pengalaman hampir 2 tahun ini berlatih memainkan alat musik yang namanya biola, ada yang tahu ga biola itu apa? yap bener biola itu yang sering di kita liat di malem hari dan banyak juga yang taruhan(maaf  kata-kata setelah tanda tanya diatas ngelantur, itu mah bola).

Nah Biola itu salah satu alat musik gesek yang punya nada G-D-A-E , trus mainnya itu pakai yang namanya Bow(kalau di terjemahin jadinya busur ya?) heheheh  tapi kalau disini bownya itu yang dimasksud buat geseknya,  selain itu dalam konstruksi sebuah bow juga ada hair nya, nah , yang bikin bunyi itu adalah karena gesekan dari sekumpulan hair tersebut yang di kencangkan jadinya bisa bunyi waktu di gesek.

Biasanya jaman dulu atau sekarang juga kalau rambut yang dipakai yang bagus itu(katanya) yang dari rambut kuda. tapi kalau misal anda beli biola baru dan belum pernah dicoba dulu langsung beli aja, biasanya kalau digesek belum bunyi atau masih lirih, makanya ada yang sering digesekkan ke bownya dulu agar kesat, biasanya kebanyakan orang bilangnya rosin, emang bahannya dari getah gitu, kalau kena keringat serbuk rosinnya agak lengket, dan banyak sekali yang nempel di biolanya(tapi yang hargnaya agak mahalan dikit lebih bersih).

Kata orang-orang , dulu waktu mau belajar biola banyak yang bilang sulit, dan kebanyakan emang bilang sulit, tapi perkataan orang tak pernah kuhiraukan karena niat dihati emang pengen banget bisa main biola, nah mulailah ngumpulin uang sampai akhirnya dapet beberapa ratus rebuan dan beli biola merk china yang harganya terjangkau. Dari situ dapat 1 biola, karena sebelumnya saya juga gabung di forum biola buat nanya-nanya tentang permasalahan biola . Tapi waktu sampai ke salah satu toko musik, tanya-tanya , akhirnya memutuskan buat beli . Kenapa ga dicoba  dulu? barangkali suaranya kurang ngeh atau gimana?

Nah inilah salah satu kesalahan saat ingin membeli biola, yaitu tidak dicoba, bukannya  saya tidak terpikir buat nyoba biolanya, tapi waktu itu tanya pegawainya ga ada yang bisa main biola, yang kedua waktu saya pengen nyoba gesek ga boleh sama tokonya, memang beberapa toko musik yang ada di jogja ada yang tidak mengizinkan mencoba biola untuk tes suara  kecuali kalau udah fix dibeli, tapi waktu itu kata mas-masnya ga boleh nyoba karena kalau mau nyoba harus bawa bow sendiri, wkwkwkwkwkwkwkkwk, bow dari mana coba, orang main aja belum bisa dan akhirnya nekat belum dicoba langsung bungkus.

Tapi tidak semua toko melarang untuk mencoba, soalnya waktu saya main ke Piano House Jogja padahal cuman mo beli senar 50rebuan, pas tanya-tanya biolanya malah pegawainya nawarin buat nyoba tes suara, kalau belum bisa pegawai sana juga ada yang bisa kok main biola kalau cuman sekedar buat tes suara cocok apa engga, ini bukan promosi ya tapi emang faktanya begitu. Kalau yang belum bisa memang lebih baik ngajak temen yang udah bisa main , biar ga macem saya yang nekat beli langsung tanpa nyoba -,-

Oke kita lanjutkan, waktu sampai dirumah pertama kali, karena udah malem cuman bisa mentengin tuh alat musik, tak liat-liat kok bentuknya indah juga ya, trus rumit gitu, paginya mulai mencoba latihan dengan semangat membara dan belum juga mulai, baru ingat , kalau kalau biolanya settingan nadanya belum pas , jadi masih acak-acakan, mau nyetem sendiri takut putus senarnya, dan mulailah mencari tutorial tetang cara nyetem yang benar, agar lebih yakin terpaksa dengan koneksi internet yang sangat lemot mencari video untuk stem biolanya.

Dari apa yang dicari dan tanya forum, ternyata buat nyetem biola itu ga seperti gitar yang 1 senar bisa langsung pas sampai nada yang benar. Kalau anda mau nyetem biola pakai cara nyetem gitar boleh juga tuh, palingan langsung ada bunyi pletak(senar putus) .

Buat nyetem sampai ke titik nada yang sudah di tentukan harus sabar dan bergantian muter peg biolanya, biola itu lebih sensitif, diputer sedikit saja nadanya udah berubah, alhasil untuk stem alat ini emang harus sedikit-sedikit dan bergantian antar peg , nah untuk yang paling rawan adalah senar no 1 untuk nada E nya , disini kalau ga hati-hati dan sabar bisa jadi senarnya mudah putus waktu di puter, soalnya pernah juga stem senar biola dan diajak ngobrol, ga sadar muternya kebanyakan yang senar E langsung putus .

Oke masalah senar udah beres , dengan sedikit nekat ternyata bisa stem biola waktu permulaan, saatnya digesek, dan hasilnya sangat mengecewakan, memang karakter suara dari biola yang aku beli itu cenderung kalau di bahasa soundnya itu treblenya lebih gede -,-, tapi yang lebih parah lagi waktu itu masih pertama kali nyoba dan langsung memudar semangatnya, satu hal lagi bray yang harus diperhatikan, main biola emang tak semudah liat orang gesek biola menyayat hati.

Dan memang, belum juga main, udah mikir dulu cara posisi megang yang bener, soalnya kalau megangnya udah salah dan ga nyaman bisa jadi bad habit yang agak susah dihilangkan. Udah gitu buat geseknya aja kadang bownya kemana-mana , trus keluarnya bukan bunyi biola yang halus dan penuh. Yang dibayangin udah macem bunyi biola dengan teknik legato gitu, tapi kenyataannya yang keluar adalah macem bunyi pintu yang dibuka(ngieeeeeeeeeeekk).

Biasanya fase ini sampai 3 bulan atau 2 bulan berikutnya adalah saat pengambilan keputusan apakah dia mau lanjut main biola atau mua dijual, karena kebanyakan temen yang kopdar atau diforum yang masih pertama sekali belajar biola , pada jual biola alasannya udah latihan tapi masih aja belum bisa seperti yang diharapkan.

Entahlah mungkin bermain biola itu perlu bakat, (dalam hati bilang begitu waktu pertama-tama main). Hari demi hari ku lalui dan udah biasa dengar suara biola yang tidak mengenakan, gapapalah kan namnya juga latihan , dan masih mending daripada pertamakali latihan gesekpun ga keluar suaranya, wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk.

3 bulan berlalu, karena ada beberapa lagu keren yang dibawain pakai biola, dari situlah semangat tumbuh lagi, jadi sambil latihan nyari juga nada lagunya kalau ketemu tinggal diperlancar aja, hehehehehehehehehehehehehe. Waktu  itu ada 2 lagu yang bikin aku pengen bisa main biola , yang pertama River Flow In You sama Song from secret garden, dulu yang secret garden belum terlalu mainstream, tapi sekarang anak-anak forum udah sering pada ngover buat yang masih belajar belum lama, yang udah mahir juga banyak yang cover juga sih.

Karena dirasa udah lumayan bisa main walupun belum begitu lincah , lumayanlah bisa cover lagu yang agak melow , dari situ lama-lama pengen ganti suasana baru, dengerin lagu-lagu classic macem Vivaldi , Bach, Beethoven, tapi ternyata lebih sulit dari yang di duga. Dengar lagi lagu canon buat biola, lumayan enak juga yang melo, bukan yang canon rock ya  , hehehehehehehe .

Itung-itung biar ga monoton latihannya ga lagu itu-itu saja. Lama-lama juga latihan baca not balok, yah lumayan udah bisa, tapi kalau disuruh spontan sight reading ya butuh waktu lagi :O , hehehehehehehehheh.

Dari semua yang saya ceritakan , memang belajar main biola yang benar dan keluar bunyinya yang lumayan enak emang butuh proses, jadi harus sabar, apalagi yang otodidak , kalau punya bakat mah jangan ditanya dan jangan merasa iri pula buat yang lain, karena memang ada juga beberapa temen yang dia masih dibilang baru main alat musik ini, tapi lincahnya ga ketulungan, yah mungkin udah bakat sampai interest juga.

Sebenarnya ga begitu berbakat juga bisa juga kok main biola, yang penting punya feel yang ok sama ini alat musik trus satu lagi, bukannya mau bikin putus asa , tapi kalau yang , maaf, misalnya ga bisa bedain atau tahu nada yang bener sama yang fals mendingan belajar alat musik lainnya aja :).

Soalnya alat musik fretless walaupun letak nadanya bisa dihafalkan tapi butuh feeling juga , apalagi kalau udah main ke posisi yang lebih sulit. Ga ada maksud buat menggurui, hanya share pengalaman aja, aku juga belum begitu mahir main nih alat musik, tapi lumayan udah bisa bunyi dan nada yang keluar udah bisa dinikmati :), yang jelas terus latihan biar lebih baik lagi.

Ga cuman biola, semua alat musik juga punya tingkatan kesulitan sendiri, gitarpun demikian, kalau cuman genjrang-genjreng sih masih bisa dibilang banyak yang bisa sebatas kunci itu-itu aja. Tapi kalau udah yang masuknya classical yang pakai senar nylon trus mainnya 5 jari petikannya ya butuh latihan tekun juga. Begitu pula dengan alat musik lain, kecrekan juga, kalau asal bunyi crek crek aja pasti bisa, tapi paling engga biar nyatu sma musik kan harus tahu tempo ;).