Tips Membeli Biola Bagi Pemula

Biola

Sekarang ini memang lagi banyak yang suka dengan alat musik biola , tapi kebanyakan yang ingin belajar adalah bingung bagaimana memilih biola yang cocok dan bagus sama seleranya juga, nah di forum-forum yang saya masuki , tak jarang member-member baru yang sering sekali mengulang-ulang bertanya tentang merk biola , harga dan suara, agar mereka tidak salah dalam menetukan pilihan, memang yang namanya membeli alat musik biola ini, karena dia alat musik gesek jadi sebaiknya bisa dicoba atau di tes, apalagi yang harganya antara 500 ribuan hingga 1 jutaan, soalnya di forum juga banyak yang ngeluh kok suaranya gini ya, ga seperti yang dibayangkan, sebenarnya ada 2 faktor, jika memang masih pemula, menurut saya wajar jika suara yang dihasilkan masih sama dengan bunyi pintu yang lama udah ga dibuka, ngeeeeeekkkkkk, begitu, yang kedua adalah memang faktor biolanya itu sendiri, saya contohkan biola yang saya beli 2 tahun lalu ini, nah disini saya tidak mencoba sama sekali saat membeli, alasannya karena memang saya waktu beli ga bisa main , yang kedua mas-mas di toko musiknya bilang katanya ga boleh dicoba kalau ga bawa bow(alat buat nggeseknya) sendiri. jadi mau tidak mau saya seperti membeli kucing dalam karung, kalau gitar masih mending, di genjreng udah ketauan dan bisa dicoba, lha biola? cuman beberapa toko musik saja yang memperbolehkan biola dagangannya dicoba, itupun saya tahunya waktu udah beli biola , jadi saya anggap udah terlanjur beli.

Sampai dirumah kira-kira malem harian, tak coba itu biola, tapi kok suaranya gini ya, trus paginya tak coba lagi kok tetap tidak enak, hanya saja saya tidak langsung menyalahkan biolanya, karena memang saya belum bisa main apa-apa waktu itu, jadi saya anggap suaranya jelek karena teknik mainnya masih kacau. tapi setelah beberapa bulan kurang lebih 3 bulan udah lumayan bisa menyesuaikan udah bisa beberapa lagu yang melow, dari situ mulai sadar kok suaranya ternyata emang cempreng gitu, kurang keluar dan kurang bulet seperti ga ada power. Ternyata waktu ada kopdar anak-anak Biola diperiksa salah satu pembuat biola, cuman digetok-getok trus ditanyain, bass barnya keknya retak, tapi karena saya ga begitu tahu ya bilang aja ga tau, cuman keluhan yang suaranya ga keluar saya sampaikan, tadinya udah fix, ternyata pakai bridge yang agak tinggi tapi jarak antara senar dan fingerboardnya kok dirasa kurang nyaman walaupun suara biolanya udah keluar, oh iya, nama Biolaku itu Maya. 

Dan cobalah saya konsultasi lagi dengan maker yang cek kondisi Maya, dan dia bilang mungkin bisa agak berubah kalau coba dibongkar dan diganti komponennya, nah setelah itu saya nurut aja karena memang suaranya udah parah banget ga ketulungan jadi tambah jelek kalau pakai bridge yang agak pendek, padahal di fingerboard udah nyaman tapi suaranya masih parah keluarnya, dibongkarlah biola saya itu,  dan di foto , ternyata di dalamnya itu konstruksinya bass barnya itu bisa dibilang parah , beberapa foto ditnjukin ke saya langsung, yang belum diganti bass barnya, dan yang udah, setelah semua beres dan biola terpasang lagi menjadi wujud yang baru(karena di cat lagi) waktu dicoba suaranya udah beda, beda jauh pokoknya kali ini ditelinga udah lumayan bagus, kok tahu? soalnya itu biola saya , jadi saya tahu perubahan suaranya , hihihihihihiih

Nah kalau diatas cuman pengalaman membeli kucing dalam karung, jadi supaya anda tidak mengalami kejadian seperti saya itu lebih baik anda waktu membeli biola ajak saja teman yang bisa main biola, kalau tidak ada , ya coba cari dulu di forum-forum, barangkali ada yang sedaerah , jadi bisa minta bantuan, bawa teman yang bisa emang tips paling jitu, soalnya selain bisa milih karakter suara kan bisa minta pendapat juga, biasanya kalau yang udah pengalaman sama feelnya baik, kupingnya agak galak, kalau jelek ya bilang jelek kalau bagus ya bagus. Kalau tidak ada semisal belinya biola bekas , mending penjualnya suruh upload suaranya dulu, walaupun kecanggihan smartphone bisa agak menyulap suara biola jadi agak jernih, tapi masih keliatan kok suara aslinya, kecuali biola elektrik ya. Jika anda tidak ada teman dan ke toko musik sendirian, cari yang boleh dicoba biolanya , lebih bagus lagi cari yang mas-masnya atau pegawainya bisa mainin juga. Kalau ditoko musiknya tidak boleh dicoba  mending cari ke toko lain dulu, daripada nanti malah salah macem saya waktu beli. Intinya milih biola ya harus dicoba, gimana mau tahu suaranya kalau ga dicoba dimainkan? logikanya begitu , semoga bermanfaat.

Walaupun biola yang saya beli itu emang agak salah, tapi biola paling bagus adalah biola milik sendiri :3 soalnya adanya cuman itu, wkwkwkwkwkwkkwwk, itu dulu , sekarang suaranya udah sweet deh pokoknya, kapan-kapan saya uploadkan sample suaranya .