Cara mengubah Posisi Garis Pivot Unity

Hallo para pembaca, terkadang saat kita mengimport sebuah game object , contohnya saja adalah sebuah benda kubus atau apapaun itu sering kali jika kita yangmasih amatiran dan newbie, jarang memperhatikan letak pivotnya di dalam software modelling, ssetelah di import di unity akan mengalami kesulitan dalam mengubah posisi atau meletakana sebuah komponen tambahan sepeerti yang diharapkan. Ternyata kita tidak bisa begitu saja emngubah letak garis pivot x,y,z yang sudah ditentukan didalam object yang kita impoirt di unity, beberapa alternatif sampai membuat script untuk mengaturnya sudah pernah saya baca dan saya praktekan, tapi semuanya belum begitu ok dan works menurut saya.

Setelah menunggu beberapa jam dari jawaban seorang anggota forum, adalah salah satu otang yang menjawab, dan hal tersebut saya praktekan ternyata memang works dan tidak seribet yang di diskusikan oleh orang-orang di forum resmi unity . Ternyata untuk mengubah sebuah pivot memang tidak bisa di unity, ya kecuali yang jagi koding dan bisa membuat pengaturannya sendiri menjadi dinamis. Langsung saja, dalam sebuah object yang kita import kedalam asset unity akan akan otoamtis diikuti pivotnya, nah untuk mnegakali agar kita bisa mengubah letak posisi pivot seperti yang kita inginkan, misalakan sebuah object kubus yang memiliki letak pivot di pojok kanan bawah kalau diliat secara pandangan ortographic, ilustrasinya seperti ini:

Ilustrasi diatas anda bayangkan saja sumbu Z tidak terlihat karena pandangan secara ortographic, misalkan anda ingin merubahnya dari gambar tersebut dari pivot point pojok kanan bawah menjadi pojok kanan atas. Anda akan kesulitan karena dipengaturan pivot tidak ada menu untuk merubah pivot pointnya, jadi bisa memakai cara alternatif yaitu dengan membuat object kosong(Create game object empty) dan di menu hierarchy
akan ada sebuah empty object yang bisa anda atur pivotnya, sebenarnya karena objectnya masih empty jadi bebas mau diatur bagaimanapun. Selanjutnya anda drag juga object yang akan anda ganti pivot nya ke hierarchy. Sekarang anda letak garis pivot dari gameobject kosong yang anda buat tadi sesuka hati pada object yang anda drag tadi, setelah pengaturan letak garis pivot pada gameobject empty dengan object yang ingin anda ganti letak pivotnya (yang tadi di drag ke hierarchy) anda parent kan object yang anda drag tadi ke dalam game object kosong yang anda buat, dan hasilnya garis pivot akan mengikuti pada pengaturan game object kosong yang anda buat karena object yang anda ganti pivotnya sudah di parent ke dalamnya.

Kalau anda hobi modelling dan akan di masukan kedalam unity , sebaiknya anda atur dulu poisisi pivotnya di dalam software modellingnya agar tidak usah mengatur seperti yang saya tuliskan ini, tapi jika sudah terlanjur dan ingin merubahnya, anda bisa menggunakan cara ini.


Semoga bermanfaat.