Ketika Panic Attack Datang Pada Kita

     Jantung berdetak kencang, keringat dingin keluar, lama-lama tangan dan kaki kesemutan setelah itu pandangan mata ga fokus dan kita merasa seperti mau mati juga seperti ingin pingsan, itu semua adalah yang dialami kebanyakan orang yang memiliki gangguan bernama Panic Attack(Serangan panik) waktu itu dimulai dari semester 2 perkuliahan. 

Diawal-awal tidak pernah terjadi begini, dan biasa saja dan santai, tapi waktu gejala panic attack ini menyerang memang sangat membuat tidak nyaman, pernah waktu masih di lab komputer dan dan kedatangan si panic attack ini, akhirnya saya memutuskan untuk keluar sebentar ke kamar mandi agar lebih tenang, tapi ternyata kurang membantu dan masih saja terjadi kegelisahan tak berasalan ini, pada akhirnya pergantian jam kuliah dan memutuskan untuk memejamkan mata sejenank, dan tertidur, hal ini membuat kondisi tubuh saya normal kembali. 

Itu hanya permulaan waktu pertama kali terkena panic attack, beda sama stress yang langsung menuju ke otak dan bikin pikiran jadi kalut, panic attack ini datangnya tiba-tiba, entah kita lagi senang atau susah , paling merepotkan jika mereka datang saat aku ada di kerumunan orang banyak, dipikiran hanya terpikir bagaimana cara keluar dari kerumunan ini dan cepat mencari tempat yang sepi agar hati ini jadi tenang, mungkin sebagian orang yang terkena panic attack saaat ada di kerumunan orang banyak berpikiran seperti saya. 

Yang lebih parah lagi adalah  waktu di masjid saat sholat jumat, tak ada pikiran negatif tak memikirkan sesuatu yang aneh tapi tau-tau panic attack menyerang dan mau tidak mau harus bisa bertahan dengan kondisi yang semakin parah, dulu siklus terjadinya panic attack yang saya rasakan adalah dari mulai mual karena sepertinya asam lambung, jantung berdetak tak beraturan seperti penyakit jantung dan jika dalm kondisi yang lebih lanjut pandang mata jadi ga fokus dan pikiran juga tidak bisa berkonsentrasi , apalagi kalau tambah parah kaki dan tangan kesemutan seperti orang stroke. Dan yang sering dialami saat panic attack yang normal adalah bernafas tapi berpikir, jadi ketika menghirup atau mengeluarkan udara itu sampai harus berpikir :), begitu menyiksanya keadaan seperti ini, waluapun sekarang sudah tak sesering dulu waktu terkena panic attack. 

Ada beberapa cara yang saya lakukan waktu mengalami hal tersebut, ini hanya berdasarkan pengalaman sendiri, anda bisa bilang ke diri anda sendiri dengan yakin dan berani "kalau mau keluar sini keluar aja" dengan sedikit perasaan meremehkan, hal ini sering saya lakukan kalau panic attack itu tiba-tiba datang, kadang kalau belum hilang juga seperti terjadi pertempuran hati, wkwkwkwkwkwkkwkwkwkwk seperti orang yang lagi marah dan mau mengajak berantem di panic attack tersebut. 

Hal tersebut cukup lumayan buat mereda panic attack yang saya alami samapi saat ini. Seseorang yang terkena panic attack gerakannya menjadi tidak jelas dan tak terkontrol, tapi berdasarkan pengalaman yang saya alami, jika kita bergerak tak terkontrol entah itu menggelengkan kepala atau menggerakan bagian tubuh yang lainnya malah membuat parah panic attack yang masih kambuh. yosh kalau semua cara diatas yang saya lakukan tidak efektif, maka tindakan selanjutnya hanyalah pasrah atau mencari tempat yang sepi(yang sering kena panic attack kalau waktu ada kerumunan orang). Panic Attack hanya dirasakan orang yang mengalaminya, mungkin terjadi pegerakan yang aneh dan tak terkontrol ketika panik, dan itu hanya diri kita sendiri yang mengalami, hal ini memang membuat tak nyaman dan tersiksa, tapi dengan adanya panic attack ini membuat saya lebih sadar dan mendekatkan diri pada Sang Pemberi Kehidupan.

Jadi kalau ada serangan panic attack , lawan aja ya, tantang aja, jangan takut, kalau kamu takut, kondisi fisik tubuhmu bisa semakin parah seperti yang saya gambarkan itu, harus yakin dan menganggap enteng kalau si panic attack itu takut sama kamu, soalnya kamu sendiri yang bikin si panic itu hadir dalam diri, walaupun tanpa kamu sadari. Lawan dan hancurkan, kalau perlu kamu bilang dalam hati kalau panic attack itu dibawah kendalimu jadi mereka ga akan bisa macem-macem lagi atau bikin kamu panik yang lebih parah lagi.

Ternyata, setelah membaca tulisan di blog orang , banyak juga yang berkomentar mengalami gejala panic attack, semoga mereka semua bisa mengendalikan dan menjinakan panic yang mereka alami :)

Semoga bermanfaat