Situs-Situs Email

Wah dari judulnya udah ketahuan kan mau bahas apa, iya, masih nostalgia lagi, kemarin udah sedikit tak bahas yang aplikasi messenger , sekarang gantian layanan email yang belum dibahas , oke mari kita mulai.

Dulu waktu saya smp sekitar tahun 2007 an itu sudah kelas 3 smp dan disitulah pertamakali saya sedikit menegenal yang namanya internet(kalau anak-anak sekarang anak kecil mungkin udah banyak yang paham sama tahu internet) . Itupun karena ada ekstrakurikuler berinternet, wkwkwkwkwkwkwkwkwk agak geli ya bacanya, memang dulu hari sabtu waktu kelas 3 smp diadakan ekstra kurikuler itu seingatku, ini memang tahun-tahun segitu masih lumayan baru , google aja belum setenar sekarang, dulu tahun itu nulis kata kunci di google misal nulis baju biru, bisa saja keluarnya gambar baju sama warna biru, bukan baju yang berwarna biru, karena teknologinya masih belum pakai semantec web, jadi sudah lebih mudah. Bahkan dulu pernah inget perkataan guru ane jamannya belum ada ponsel yang bica videocall masih monokrom dan ponsel polyphonic itu masih muahal, pernah ingat waktu kelas 1 smp ada temen sekelsa udah bawa hp, hpnya ga main-main gan jaman dulu itu, dia udah pegang Sony Ericsson K510i, wkwkwkwkkwkwkwkwk tahun 2004 an itu pertama awal masuk smp, dan mungkin dia memang satu-satunya yang bawa ponsel , waktu diajak ngobrol sama teman saya itu, dia bilang aktivasi gprs itu piye ya? walah gprs itu makanan opo? ponsel aja keluarga masih pakai nokia 2100 jadi belum tahu sama belum kenal yang namnya settingan gprsan begituan,wwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk. Udah ah kita lanjut kembali ke topik. Email itu sering dianggap sepele sama sebagian orang(biasanya orang yang ga begitu tahu atau malah ga mau tahu fungsi email itu , yang ternyata fungsinya itu penting sekali, apalagi saat jaman sekarang ini. Tahu fungsinya? saya kira sebagian besar masyarakat indonesia masih belum begitu menganggap email itu penting, banyak sekali entah teman atau orang-orang yang sering tanya sama saya dulu. Gini contohnya, ada yang pernah dan bahkan banyak yang mengeluh atau cerita sama saya seputar pembajakan akun facebook tahun-tahun kemarin, nah trus bilang ke saya gimana nih akunku ga bisa dibuka, katanya dibajak atau gimana, dia ga bisa login, alhasil setelah beberapa lama dia baru ingat kalau ternyata akunya ga dibajak, tapi dia lupa password, nah tuh, trus gimana balikinnya ya? tanya ke saya, saya cuman bilang tinggal klik aja forgot password terus masuk ke emailmu tinggal di reset lagi pakai password baru selesai. Tapi kebanyakan yang punya akun facebook saat itu teman-teman ane jarang memperhatikan emailnya, gimana mau aktivasi atau reset password kalau password emailnya lupa? nah dari sini sudah jelas sekali kan manfaat email itu bukan hanya buat registrasi ini itu ga jelas di internet sama kirim-kirimian surat(pasti udah jarang, kecuali yang attachment file lumayan gede, itupun udah bisa diganti dengan cloud storages). ada lagi yang mau buat facebook kok ga bisa, saya tanya, lha kamu itu udah punya email blum? lha itu udah tak ketik emailnya di facebooknya, trus saya tanya lagi, itu email ngawur atau udah ada akun yang aktif? jawabannya dia cuman ngasal ngisi email langsung di facebook tanpa punya akun yang aktif.


Itu cuman sekilas contoh dan mungkin sekarang dengan adanya smartphone yang bisa merangkap beberapa aplikasi sekaligus dengan 1 email lebih memudahkan, beberapa email yang pernah saya pakai :

1. Plasa
Ada yang pernah buat juga akun email di plasa? nah sekarang situs plasa sudah lama sekali tidak aktif dan ga tau kabarnya gimana, soalnya layanan ini udah ketinggalan jauh dan tampilannya dulu sangat sederhana sekali dengan background warna orange , tampilan inbox dan lainnya juga sangat sederhanya, saya pertama kali kenal plasa ya gara-gara ikut ekstrakurikuler internet, jadi dulu ya namnya juga masih newbi, di dalam ekstrakurikuler kita diajari bagaiman cara bikin email dan gurunya nyaranin pakai plasa, wkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwk ga tau kenapa, dulu belum kenal yang namanya yahoo atau gmail. dan setiap hari dikasih tugas buat kirim email ke gurunya, harus sampai di inbox email guru dengan subyek nama serta nomor , isinya bebas, kebanyakan dulu hanya diisi kata-kata simple, walaupun terkesan jadul tapi ini juga ilmu yang bermanfaat(karena saya yakin di dunia ini atau dibumi ini masih ada yang belum bisa bikin email), sampai-sampai duru pernah diketawain sama temen dari lain sekolah gara-gara ke warnet cuman mo ngirim email ke gurunya soalnya tugasnya dinilai, hahahhahahahah. setelah lulus smp akun plasa sudah tak pernah dibuka dan saat ini layanan emailnya udah tutup.

2.Yahoo
  Jaman kenalan sama yahoo, saya belum begitu paham, saat itu bikin akun yahoo cuman buat daftar chat mig33 , trus jarang dibuka, tahu-tahu waktu perlu mau buka lagi yahoo nya ternyata sudah expired, untung saja masih bisa di restore dan sampai sekarnag masih aktif soalnya saya juga pengguna flickr.

3. Gmail  
 Google yang pada saat itu mengalami kemajuan dan kesuksesan bahkan mengalahkan yahoo, membuat sebuah layanan email dan saya langsung menjatuhkan pilihan email untuk berbagai keperluan dengan gmail, karena gmail lebih powerful jaman-jaman dulu trus sekarang juga sudah dielngkapi dengan verifikasi 2 langkah, jadi walupun ada yang mau coba iseng masuk ke akun email ga akan bisa kalau ga masukin verifikasi lewat ponsel, dan kalau ada login yang mencurigakan pasti langsung diberitahu di emailnya, pokoknya ini layanan yang paling oke menurutku. saya kira kalau sebatas cracker-cracker labil ya lumayan susah buat masuk ke akun itu dengan verifikasi 2 langkah.

Nha itulah beberapa layanan email yang pernah saya gunakan untuk berbagai kerpeluan.