Apa Yang Bisa Kita Lakukan Dengan Everyone Piano?

everyone piano
Hallo semua, selamat malam, jumpa lagi dengan postingan saya dengan bahasa seadanya . Kali ini saya ingin bahas nih tentang software virtual piano yang opensource tapi powerful, kenapa powerful? karena memang demikian, menurut pengalaman saya sendiri, pernah instal beberapa virtual piano , dari yang gratisan sampai yang berbayar juga ada tapi ternyata pilihan saya jatuhkan ke everyone piano ini, selain kita bisa belajar piano dengan memanfaatkan keyboard sebagai tutsnya, masih banyak lagi yang bisa kita manfaatkan dari software gratisan ini:

Untuk Latihan bermain piano

Bermain piano itu ga seperti keyboard apa organ tunggal ya, mirip sih soalnya pakai tuts juga kan, tapi di piano kan ada juga pedal buat sustain biar suaranya dengung gitu yang sering kita liat di injek pakai kaki itu lho, nah di everyone piano, walaupun tidak langsung, kita juga bisa mengatur apakah nada yang dihasilkan akan kita on kan sustainnya atau kita matikan, walaupun ga seperti di piano asli,(namanya juga virtual piano gan) hahahahhahahahaha. Selain itu kalau ingin belajar piano pakai  keyboard ini saya sarankan mending pakai keyboard komputer, kalau pakai keyboard laptop terlalu repot, selain itu jika kalian ada midi keybiard dirumah juga bisa disambungkan dengan software ini lho. Banyak juga yang di situs resmi pada upload permainan pakai keyboard komputer dan hasilnya keren-keren, ya ini mungkin alternatif bagi yang belum kesampaian beli piano beneran karena harganya pastinya yang piano asli itu tidak murah.

Untuk lagu pengiring

Nah di dalam latihan biola biasanya sering ada yang minta lagu pengiring , misal lagu canon atau lagu yang melow dikit song from secret garden, disini kita bisa manfaatkan file-file yang ada di situs resminya untuk mengiringi , misalkan kita bermain biola pas banget tuh di iringi pakai piano , jika lagu yang dikehendaki sudah ada tentunya bisa jadi bikin kolaborasi antara everyone piano dengan permainan biola kamu, sampai sekarang juga masih sering update lagu-lagu lho, banyak pilihan , tinggal kita play dan kalau ingin hanya jadi lagu pengiring saja, yang right handnya kita matikan karena akan diisi dengan isntrumen biola (contoh kalau anda bermain biola) , selain itu juga bisa mengatur tempo dari tempo lambat, normal sampai cepat.

Sebagai alat bantu stem biola

Ini bahas virtual piano tapi ujung-ujungnya nulis biola juga , hahahahahahaha memang menurut pengalaman saya, software ini malah sering tak manfaatkan buat stem biola, daripada pakai tuner. Caranya tinggal kita pencet saja nada G-D-A-E trus disamakan sampai hasilnya sama, kan bisa melatih pendengaran juga biar familiar tuh sama nada G-D-A-E .

Buat Instrument Game

Wkwkwkwkkwkwkwkwkwk, yang ini memang ga sepenuhnya pakai everyone piano, caranya lumayan gokil sih, pernah saya manfaatkan everyone piano bikin game backsound, tapi yang simpel-simpel aja saya bikin backsound main menu game pakai software ini karena ada fitur untuk rekam permainan kita, jadi karena di laptop kurang leluasa buat mencet tutsnya , jadi pertama saya rekam dulu rythm lagunya , ya kalau di gitar isitilahnya ya genjrengannya dulu saya rekam, trus yang melodinya nyusul, jadi mainnya ga langsung 2 tangan, karena dibantuk play nada yang udah direkam tadi, nah biar bisa disimpan jadi lagu ya tinggal di rekam aja monitornya pakai software perekam macem ocam juga bisa, trus ntar hasilnya di convert dalam bentuk file lagu, kan itu yang rekam monitor masih bentuk video, kalau udah di konversi ke lagu ya tinggal editing lagi dengan software seperti audacity. Ya itu cara seadanya dan ngawur juga , lumayan jadi backsound bikinan sendiri. Tapi saya sarankan pakali LMMS aja kalau serius bikin lagu, wkwkwkwkwkwkwk itu cuman sekedar share sama iseng-iseng juga.


Sebagai Metronome

Kalau ini sebenarnya plugin tambahan, jadi di menu plugin itu ada metronomenya, kalian tahu metronome kan? itu lho yang bunyinya tok tok tok tok tok tok, trus temponya bisa kita atur sendiri kok, ya, alat ini emang digunakan untuk berlatih temponya itu biar bisa konsisten dan tepat, jadi lebih teratur , dari mulai yang lambat sampai yang cepat sekali.


Dan yang terakhir biasanya saya manfaatkan sebagai sarana hiburan, karena saya sering download file-file lagunya yang isinya cuman permainan dengan piano buat di dengarkan juga, kurang puas memang karena dengernya cuman keluar nadanya midi , makanya saya cari Audio Source sendiri dengan format yang bisa dibaca oleh everyone piano, banyak banget kok yang VSTi , jadi bisa kita pindahkan ke Audio source yang bunyinya paling tidak mendekati bunyi grand piano, apa piano buat jazz atau yang lainnya. apalagi disambung sound, lebih ok, tapi ya kita bisa play file everyone piano, hanya saja disini karena fungsinya memang sebagai virtual piano, jadi di playernya ga dikasih list dan cuman ada tombol stop,record sama play, bisa juga di drag semua dan di play ke veryone piano, hasilnya juga akan dimainkan semua tapi secara bergantian dan ga bisa di next atau previous file musik, tapi ga tau yang versi sekarang bisa begitu apa belum, soalnya saya juga belum update, kalau bisa dikasih list kayak media player musik sama bisa di atur masalah repeat atau loopingnya , komplit sudah pokoknya,



Itulah beberapa hal yang saya manfaatkan dari software ini , semoga bermanfaat