Sweet Home 3D, Design Rumahmu Sendiri

Halo semua, selamat malam, huft, kali ini saya ganti pembahasan dulu ya engga soal musik terutama biola, sekarang saatnya menuju ke Design, wwkwkkwkwkwkwkwkkwkwk. Disini saya ingin review aplikasi Sweet Home 3D , buat apa sih software ini ? Dari namanya udah jelas, software ini untuk merancang sebuah rumah secara simpel dan mudah. Sampai sekarang sweet home 3D terus update dan berkembang, saat ini masih sampai di versi 5.0 . Sweet Home 3D itu softawernya open source lho, jadi tinggal install aja di komputermu, saya suka banget nih yang namanya pakai software-software yang opensource.

Misal kita bikin wall rumah di dalam lembar kerja rancangannya, otomatis wall tersebut akan langsung bisa kita lihat dalam bentuk 3D , jadi selain merancang sudah ada bentuk secara 3D nya, jadi ga perlu mikir ini rancangan hasilnya ntar gimana ya. Selain itu di official sitenya juga kita bisa download asset yang diperlukan , misal di furniturenya kita pengen yang lebih ok ga seperti yang sudah ada di softwarenya, jadi kita bisa import sendiri, apalagi kalau kalian bisa design 3D , wah bisa tuh bikin furniturenya sendiri ntar bisa di import jadi asset di sweet home 3d nya. Saya juga pernah coba bikin rancangan rumah pakai software ini kok, apalagi karena kita bisa langsung render objek yang kita inginkan , lumayan banget hasil renderingnya, hampir realistic, tapi kalau pengen dirender sama di edit di software lain bisa juga , soalnya sweet home 3d juga menyediakan menu untuk export file menjadi obj file, jadi kita bisa edit rancangan 3D nya agar lebih bagus di software 3D design seperti blender, maya, 3dmax, hanya saja kalau ingin biar hasilnya realistic memang perlu teknik khusus juga, yang sering itu pada bahas masalah realistic nya itu lho, pakai software render eksternal pakai Vray, sayang software ini berbayar, atau bisa juga di blender pakai cycles render agar hasilnya lebih bagus juga bisa kok , atau kalau engga nunggu sampai yang software realistic rendernya ada yang opensource, wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk, kalau render tapi liat-liat spesifikasi komputer juga ya, soalnya kalau yang pas-pasan mendingan rendernya apa adanya saja yang penting sudah ada bentuknya , haduh malaha melenceng sampai render ya.


Oke selain bisa render , sweet home 3d juga bisa buat video lho, video apa ya? video tracking rancangan rumah , bagus kan? iyalah , soalnya kalau di render kan jadi nya cuman pergambar nah kalau kita bikin videonya, kita liat seisi rumah yang sudah direkam , tapi saya ga pernah pakai ini, soalnya komputer saya pas-pasan, jadi mending render aja, pergambar cari angle yang lumayan bagus.

Ah ga percaya, masa dari tadi cuman tulisan doang , trus mana hasil rendernya?


Oke, ini beberapa gambar yang sudah saya render dan design yang saya buat di software ini:

Sweet Home 3D Ruang Makan

Ruang Tamu

Ruang Tamu 1

Living Room

Living Room Sweet Home 3D



Sweet Home 3D Kitchen Render


Nah itu design sederhana yang saya buat dari sweet home 3D, trus cuma gitu ya? memang begitu, tapi disini juga disediakan pembuatan ruangan di lantai atas juga, jadi kalau mau rancangan rumah bertingkat juga bisa, jadi bisa kita fokuskan, ruang atas atau lantai atas dan lantai bawah saling berhubungan, walaupun begitu, untuk merancang dan memberi perlengkapan di setiap lantai kita bisa terfokus hanya pada lantai itu saja tapi hasil output dari model 3D nya bisa tetap terlihat bertingkat. jadi tidak mengganggu rancangan antar lantai , rancangan rumah yang saya buat ini memang saya beri lantai 1 , walaupun belum fix karena belum tak kasih roofnya, jadi masih bolong gitu, mau tahu ? ini screenshootnya tampak dari luar, saya bikin malam hari biar keliatan indah:


Dari Luar

Simpel Home Exterior
 Bagaimana ? Anda tertarik mau buat design rumah sendiri pakai software ini? oh iya , ukuran rumah juga bisa kita buat secara detail, jadi bisa kita atur sendiri semuanya, semoga bermanfaat buat anda yang sedang  mencari referensi software untuk merancang rumah yang anda inginkan.

kalau mau cari softwarenya langsung saja ke www.sweethome3d.com


Selamat berkarya.