Latihan Biola Secara Otodidak Atau Les?


Halo teman-teman mungkin banyak yang lagi pengen belajar biola ya? tapi biolanya udah punya apa belum? Kalau belum mendingan nabung dulu terus beli yang bener-bener bagus ya, kalau budget minim beli yang murahan biola made in china juga banyak tapi harus pinter milihnya.

Nah kalau sudah punya biola, terus bingung mau diapain? jual aja di oeleksdotcom,
wkwkwkwkwkwkwkwk bercanda gan sis. Kalau sudah punya biola

bingung mau latihan apa dulu? nah dari sinilah sudah tampak jelas perbedaan dalam latihan biola yang memang belum memiliki tujuan mau otodidak atau les, beberapa perbedaanya adalah:

Otodidak:
-Sudah jelas kalau yang namanya otodidak itu ya latihannya sendiri dan belajar sendiri, tapi bisa juga gabung sama komunitas yang ada di kotamu itung-itung bisa membagikan banyak hal sama yang udah pengalaman.

-Sering kali pertamakali belajar masih bingung porsi latihannya gimana, nah disinilah kita harus mandiri, kita harus bisa menentukan porsi latihan sendiri agar bisa bermain dan berkembang secara optimal, saya sarankan banyak tanya ke forum, kan lumayan dapat petunjuk, tapi ingat, di forum juga banyak sekali porsi yang berbeda-beda karena memang ukuran latihan dan cara latihan mereka berbeda juga jadi silakan anda
ambil yang menurut anda  paling cocok dan dan paling mudah dipahami dulu tentunya dengan dukungan dari teman-teman forum yang sudah berpengalaman agar lebih teratur.

- Karena kita belajar sendiri , paling tidak teknik awal dari cara memegang, menggesek biola harus benar-benar diperhatikan, karena kalau salah dan sudah terbiasa begitu ya jadinya kurang baik.

-Guru yang sering dijadikan panutan adalah  komunitas, forum , group, youtube google, dan artikel. Dari semuanya itu memang kita juga rajin nyari petunjuk agar permainan semakin baik.

- Perlu semangat yang membara dan niat yang benar-benar pengen bisa, walaupun suara yang keluar masih parah, kurang teratur, atau malah seperti bunyi pintu yang sudah lama jarang dibuka, lama-lama seharusnya kita bisa merasakan bagaiamana agar gesekan yang kita hasilnya bisa mengeluarkan bunyi yang nyaman buat di dengar, disini feel sangat berperan penting.

Untuk yang les:

- Porsi latihan sudah jelas dan anda tinggal mengikuti porsi latihan yang diberikan pengajar yang sudah punya experience dalam alat musik gesek ini.

- Konsulitasi sangat mudah karena kita punya pengajar , secara teknik harusnya lebih matang dan benar, dan jika banyak kesulitan dan keluhan, kita bisa konsultasi saat berlatih dengan pengajar.

- Saat mengalami kesalahan dari segi menggesek atau yang lain, gurunya  pasti akan membenarkannya atau memperingatkannya , jadi saat kita latihan bisa langsung diteliti oleh gurunya dan ini bisa membuat kita terbiasa bermain secara benar menurut tekniknya. -Jika gurunya cantik  kita bisa tambah semangat latihannya, atau malah ga konsen karena grogi saking manisnya gurunya, wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

- Seharusnya belajar Not balok lebih mudah dengan kisi-kisi yang sudah di berikan oleh pengajar(kalau yang belum bisa membaca not).


Itulah beberapa perbedaan yang saya alami ketika latihan sendiri dan pernah mencoba latihan dengan pengajar profesional, selepas mau otodidak atau tidak itu terserah anda, saran saja, kalau misalkan anda pemula dan ingin belajar biola, lebih baik kalau bisa ikut les.