Rekam Hasil Karya Biolamu Dengan Ini !

Apa kegunaan merekam permainan kita? sebenarnya ada salah satu manfaat kita merekam hasil permainan kita , selain bisa kita share kita bisa jadikan evaluasi permainan kita dari dari hari ke hari, apakah ada perkembangan atau masih gitu-gitu saja , nah kali ini saya sedikit share saja alat perekam yang bisa anda gunakan pada smartphone, kalau rekaman di dapur rekaman kan lumayan mahal, jadi bisa kita rekam sendiri lewat smartphone yang sekarang sudah canggih bisa juga kan? beberapa aplikasi yang pernah saya pakai untuk mencoba merekam dan hasil suaranya , ada 2 aplikasi yang saya instal di dalam smartphone saya ini untuk alat rekaman, yang pertama adalah Smart voice recorder dan Tap a talk to record ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari aplikasi itu.

Tap a talk to record

Ini sebenarnya aplikasi yang bagus untuk rekaman, export format yang dihasilkan bisa juga berupa wav dan kita bisa mengaturnya sendiri, tapi ada beberapa alasan yang saya anggap sebagai kekurangan dari recorder ini. Kekurangan dari aplikasi ini adalah terkadang  entah karena smartphonenya atau aplikasinya. saat merekam instrument seperti gitar atau biola di aplikasi ini sering ada beberapa nada yang terpotong dan langsung skip ke nada berikutnya, entah apa hanya di smartphone saya saja yang begitu atau anda juga mengalaminya? padahal dari segi suaranya , aplikasi yang satu ini memang jernih dan bagus . suara yang dihasilkan juga seperti bukan suara asli dari alat musik yang kita mainkan, maksudnya jika kita mainnya dengernya kurang enak di aplikasi ini bisa jadi lumayan hal ini saya buktikan sendiri dulu waktu pertama kali belajar biola dan menemukan aplikasi ini, saya mencoba untuk merekam padahal dari kenyataan yang saya dengarkan memang suara biola saya agak kurang ngesoul waktu masih belum dibongkar, agak kaget saat mendengar suara biola yang saya mainkan dan dengarkan langsung dengan hasil yang ada di rekaman ini  karena hasilnya memang beda. Jadi jika ingin hasil rekaman yang mengutamakan yang penting suaranya bagus , ini salah satu aplikasi rekaman yang pas. Tapi suara yang dihasilkan memang jernih sekali dan  bersih.

Smart voice recorder

Aplikasi ini saya cari di blog blog orang yang review dan saya buktikan sendiri memang dari hasil review dari beberapa artikel , sering memasukan smart voice recorder ke artikelnya sebagai salah satu aplikasi perkemam yang bagus , dan saya juga pro dengan pendapat tersebut. karena walaupun suara yang dihasilkan jernih dan sangat jelas, aplikasi ini juga jarang menemu kendala yang berarti , sangat praktis digunakan dan yang jelas masih seperti suara asli dari alat musik yang dimainkan soalnya pernah tak coba rekam dengan gitar  hasilnya memang jernih dan tidak terkesan di edit yang macam-macam karena kejernihan hasil rekamannya masih seperti suara alat musik aslinya yang langsung di dengarkan dengan kuping. jadi kalau mainnya masih jelek di aplikasi ini tetap kedengaran masih jelek hanya saja suara yang dihasilkan jernih. 


disini sebenarnya saya lebih suka merekam dengan tap a talk to record karena hasil suaranya bisa bagus dan bersih, tapi karena kadang ada nada yang skip atau terpotong yang membuat aplikasi ini memiliki kekurangan, dan untuk smart voice recorder memang jernih juga, jika secara keseluruhan smart voice recorder yang lebih baik. tapi terlepas dari aplikasi bagus atau kurang tergantung selera anda , dan tergantung ponsel yang anda gunakan untuk merekam . karena yang namanya rekaman tidak hanya software yang menjadi sarana pendukungnya tapi hardwarenya termasuk mikrofon juga unsur penting dan tentunya permainan anda sendiri yang paling penting, :), semuanya bisa menjadi penunjang kualitas suara, dan yang saya tulis diatas adalah review tentang softwarenya, karena setiap smartphone pasti hasilnya berbeda-beda berdasarkan kualitas hardwarenya tapi kalau memang bisa di maksimalkan kualitasnya, why not?