Mengatasi Rasa Jenuh Saat Berlatih Biola

Berlatih biola itu memang tidak segampang melihat orang yang sudah mahir, dan kebanyakan yang anda lihat di televisi itu sudah latihan lama menggunakan alat musik ini, kalau ga percaya silakan tanya saja, jarang banget yang latihan biola sehari semalam atau seminggu terus sudah bisa teknik yang rumit dan bervariasi, setahun saja rasanya belum cukup untuk mempelajari lebih jauh teknik-teknik biola yang ada, jika ada pastinya orang tersebut adalah seorang yang jenius dam musik. Terkadang yang namanya belajar biola itu juga ada titik jenuhnya . Udah latihan 3 bulan, setahun, atau beberapa tahun merasa perkembangan masih gitu aja bisanya. Rasanya seperti tidak ada bakat dan tidak bisa memainkan alat musik ini secara benar, mungkin hal demikian dirasakan beberapa orang yang sedang belajar memainkan biola. Wajar saja yang namanya kejenuhan apalagi kejenuhan dan belum ada perkembangan dalam skill permainan. jika hal tersebut menghinggapi pikiran anda, cobalah instrospeksi sejenak sebenarnya apa yang anda ingin capai dalam bermain biola? biar banyak disukai cewek? biar bisa buat ngamen ? atau mau jadi profesional menggunakan alat musik gesek ini?


Ada seseorang yang di dalam forum menanyakan solusi untuk mengatasi kejenuhan dalam bermain biola, mungkin salah satunya bisa cocok dengan anda? karena banyak sekali pendapat yang berbeda, berikut ini beberapa jawaban yang saya baca di forum jika mereka semua sedang jenuh bermain biola



1. letakan biolamu dan mulai memikirkan alasan yang mendasari anda ingin bisa memainkan alat musik ini, pastinya ada alasan kuat yang bisa membuat anda semangat lagi dalam berlatih bermain biola

2. Anda mungkin kurang piknik, jika anda jenuh dalam berlatih biola anda bisa piknik sejenak untuk refreshing

3. Yang saya lakukan waktu jenuh adalah mendengarkan lagu-lagu instrument yang ngesoul buat saya, selera mungkin beda, kalau saya suka musik gypsy sama folk yang pakai biola macem music instrument game tetris begitu, yang lainnya masih banyak soalnya lagu folk ada banyak yang buat biola bukan cuma dari rusia, yang lain juga banyak.

4. Santai sejenak dan main kerumah temen yang juga suka dengan biola agar bisa sharing sama tukar pikiran(terutama yang otodidak)

5. Belajar biola ga harus lama sampai beberapa jam biar cepet bisa tekniknya tapi anda sendiri udah ga nyaman dan terlalu dipaksa, 15 apa 10 menit juga cukup asalkan ada progress dan memang tidak ada unsur paksaan dari siapapun, jadi sambil dinikmati, kalau sudah ga bisa anda nikmati sendiri, ya berhenti dulu . saya sendiri main biola baru bisa gesek bunyi aja, tapi jarang merhatiin teknik , kalau lagi males paling pegang biola cuman latihan tangga nada aja, ga main musik apapun, jangan remehkan latihan begitu, kalau waktu ada feelnya main tangga nada juga sangat bisa anda nikmati lho, ga perlu memaksakan diri dulu harus bisa lagu yang klasik yang mainnya udah teknik bermacam-macam dan temponya terlewat cepat.

6. Mungkin anda bisa sedikit mengatur mindset anda bahwa berlatih biola bukanlah kewajiban , tapi kebutuhan anda sendiri


Itulah beberapa pendapat teman-teman dan saya cara mengatasi kejenuhan dalam bermain biola, apapun itu jika kamu sedang mengalami kejenuhan ya jangan pernah memaksakan, refreshing sejenak sambil memotivasi diri anda sendiri agar saat latihan, perasaan anda sudah bersemangat lagi untuk belajar teknik yang lain lagi.