Design Living Room Dengan Sweet Home 3D


Sweethome 3D memang software opensource yang sangat membantu kita dalam mendesain model rumah . Tapi selain itu bisa juga untuk membuat desain interior sebagian saja, misala membuat desain bedroom,livingroom, kitchen atau lainnya.

Kali ini saya hanya ingin share saja desain living room yang saya buat dengan sweethome 3D. Memang hasilnya hanya sederhana dan simpel, dan ada beberapa furniture dan perabotan yang kurang begitu terlihat realistis, hanya sebatas angan-angan saja pengen desain ruangan seperti ini jika punya dana untuk membangun sebuah rumah. Siapa tahu anda juga lagi ingin desain sebuah ruangan anda sendiri. Memang lebih wow lagi kalau kita sudah tahu rancangan rumahnya bentuknya bagaiamana, tapi tidak ada ruginya kalau anda juga mencoba desain hanya 1 ruangan seperti yang ada dalam imajinasi anda.

Penasaran desain ruangan yang saya bikin? ini dia gambarnya:

Realistic Living Room 1


Realistic Living Room 2

Itu mudah banget lho bikinnya, tinggal bikin wall persegi terus kasih floor, kasih juga texturenya biar terlihat ada lantainya, nah untuk bagian yang di area piano itu memang sengaja saya buat lantainya tinggi, tahu kan maksudnya? biar seperti panggung kecil, selain itu di dekat jendela juga ada kursi bentuk lucu buat santai ya kalau mau baca-baca atau minum kopi apa teh. Saya memang suka dengan ruangan yang simple tapi dipandang juga rapi.

Coba anda lihat , memang hasilnya tidak terlalu realistis, soalnya ada beberapa perabotan yang masih terlihat kurang nyata , tapi anda bisa lihat di lantainya, sudah terlihat mendekati nyata kan sama karpetnya juga, saya jadi mikir disini, sebenarnya memang ada beberapa faktor agar hasil rendering di sweethome 3d mendekati realistis, yang pertama adalah faktor dari furniture atau ala perabotannya dan juga faktor cahaya. Soalnya di forum juga pernah ada yang bahas tentang realistic model dengan sweethome 3d, dan hasilnya , yang bikin artikel di forum memang mengupload hasil renderingnya dengan sebuah perbandingan cahaya yang digunakan, lebih jelasnya silakan menuju link ini untuk melihat pembahasannya.

Semoga untuk update selanjutnya ada rencana agar bisa juga memberi sebuah fitur atau menu khusus untuk garden design, soalnya yang namanya desain rumah dan desain taman kalau di gabungkan dan dirancangan dengan baik bisa menghasilkan sebuah karya yang indah .

Semoga bermanfaat