Cara Membuat Atap Di Sweet Home 3D

Selamat pagi para pembaca, kali ini saya ingin share tentang bagaimana cara membuat atap ,roof di sweethome 3D. Sebenarnya sudah banyak sekali artikel yang menjelas tentang pembuatannya, dan memang cukup mudah. Untuk membuat atap sendiri pada sweethome 3D. 
Mari kita mulai saja cara pembuatan atap , tapi selain bisa membuatnya sendiri anda juga bisa mencarinya di galeri Sweethome 3D di situsnya, Tapi memang lebih bagus kita bisa membuatnya sendiri . 

Pertama kita buka software sweethome 3D nya, lalu kita buat wall seperti ini 

Cara Membuat Atap Di Sweethome 3D

Gambar diatas adalah contoh jika kita sudah memiliki design rumah dan kurang bagian atap, bisa kita ukur dan gambarkan wall seperti yang di blok . 

Jika sudah membuat wall seperti pada gambar, kita bisa mengeksport file tersebut menjadi file .Obj, tujuannya agar saat di import, wall yang kita buat itu sudah menjadi salah satu furniture. Silakan anda blok gambar wall yang sudah anda buat. (ingkat kemiringan bebas, soalnya kita nanti bisa mengaturnya sendiri. 

Klik 3D view dan pilih menu Export .Obj format. Akan tampil sebuah gambar seperti ini:


Anda perhatikan gambar diatas, pada view nya posisinya harus dirubah, karena pada top view posisi dari atapnya masih terbalik, anda klik saja tanda panah hijau di samping, hingga poisisinya seperti ini:


Coba anda lihat, ada perbedaanya kan? posisi dari atapnya sudah benar karena jika dilihat dari top view dan view lainya sudah tepat . kalau sudah benar, silakan anda klik continue dan masukan furniture ke dalam kategori yang di inginkan , kalau belum tahu cara importnya furniture dan pengaturannya, anda bisa lihat artikel yang membahas tentang Cara Import Furniture Ke Sweethome 3D di blog saya. 

Setelah itu klik ok, dan atap yang anda buat bisa digunakan. Karena saya membuatnya tidak menggunakan ukuran secara teknis, jadi anda bisa mengatur panjang lebar atau tingkat kemiringan saat memasukan atap ke dalam lembar project rumah yang sedang anda buat. Jika kurang paham dan masih ada kesulitan bisa tanyakan saja ke kolom komentar.

Semoga membantu.