Merk Biola Yang Pernah Saya Jumpai

Selamat sore, sepertinya memang penggemar alat musik biola semakin hari terus bertambah, banyak orang yang ingin bisa bermain biola, banyak tujuan serta motivasi , ada yang motivasinya gara-gara pengen biar terlihat wah kalau diliat cewek? wkwkwkwkkwkwkkwkkwkw saya yakin pasti ada(atau penulisnya juga demikina, :v, engga kok, engga salah juga, wkwkwkkw). Dulu waktu sering kumpul sama komunitas biola banyak teman-teman yang membawa biola yang bermacam-macam saya , tapi kebanyakan teman-teman yang dulu belajar memang sama-sama masih belum begitu mahir, tapi ada juga yang udah sering manggung buat grup keroncong, jadi kita benar-benar berkumpul dari berbagai macam profesi , pengen kumpul-kumpul lagi :( . 

Sekarang saya tuliskan beberapa merk biola yang dibawa oleh teman-teman pada saat ngumpul :

Karl Steinhoff

Ini adalah biola saya tapi dulu, sekarang sudah berevolusi karena sudah dirombak total sama operasi, jadi saya anggap bioal saya bukan biola bermerk :, dulu sebelum dirombak, suaranya cempreng, dan kurang begitu keras dan suaranya lumayan tidak enak, wkwkwkwkkwkwkwkwk namanya juga dulu salah beli , tapi bukan berarti semua merk itu suaranya sama, karena selain saya, ada yang bawa juga biola merk itu tapi suaranya lebih keluar dari punya saya, hanya saja walaupun keras, suara yang dihasilkan karakternya keras dan kasar, katanya juga sudah pernah di operasi, jadi udah di modifikasi sendiri tapi yang punya juga belum dapat suara yang pas dari biolanya, hasilnya semua masih misteri dan tanda tanya :v.

Cremona

Untuk cremona kalau ga salah dulu yang bawa itu yang sv 100 , apa 150 kurang begitu ingat , tapi karena saya orangnya suka iseng saya coba juga biolanya, alhasil suaranya lebih bagus dari punya saya, itu cuman penilaian pribadi, tapi memang suaranya enak dan ga terdengar cempreng, atau bisa dibilang lumayan tebel.

Skylark

memang benar, yang namanya biola merknya sama tapikarakter suara bisa jauh berbeda apalagi yang buatan masal harga yang murah. Buatan tangan-tangan trampil satu persatu aja juga karakternya kadang berbeda. Disni ada 2 teman yang pakai skylark, tapi satunya yang pakai hardcase jadul dan satunya sepertinya produksi baru soalnya pakainya semi hardcase seperti biola china yang kebanyakan beredar.

Disini suara yang dihasil sangat berbeda , dan perbedaannya sangat jauh, pernah saya tanya teman yang punya skylark itu, katanya beli second dari grup jual beli harga 300rb an , kaget :v soalnya menurut saya suaranya itu lho tebel sama halus, tapi ga dominan, gimana ya pokoknya ga berisik sama keluar suaranya itu enak , ga kasar , dulu pernah tak tawar lagi kalau mau dijual tak beli harga itu :v sepertinya dia lagi beruntung soalnya suaranya cocok banget seperti yang saya ingin, tapi kata pembelinya udah diberi tahu biolanya ada retak sedikit bagian f hole, hanya saja waktu saya lihat hanya sedikit retakan kecil seperti cuilan aja :v. Kalau yang punya skylark satunya masih galau karena suaranya terdengar kerastapi sedikit kasar. Ini saya ga tahu lho, biola mereka udah dirombak, fitting apa dibedah :v sendiri.

Antoine Martin

Tulisannya di merknya katanya buatan romania, tapi ga tahu Romania beneran atau buatana China, dulu ada temen yang bawa biola ini, tapi fingerboardnya terlalu tinggi, jadi pengen di ganti dengan ukuran yang statndar biola kebanyakan, nah waktu tak coba sebelum dan sesudah fingerboard nya di ganti, suaranya sama saja, sama-sama lembut dan enak , padahal cuma pakai senar bekas yang ga pernah diganti , 2 cuma 3 biji lagi , yang senar E udah putus :v, tapi kenapa ya suaranyatetap lembuat, andai itu biolaku udah tak kasih Pirastro :v minimal, wkwkwkw apa kasih senar-senar macam alice aapa stainer juga sudah lumayan buat latihan :O. Tapi ada kabar menyedihkan tentang biola ini, karena dia sold out, waktu dikasih tahu sama yang punya aku cuma bilang , sayang banget padahal suaranya lembut sama enak , ga berisik ditelinga pokoknya. Beberapa setelahnya, orangnya yang jual itu agak nyesel kenapa dulu biolanya malah dijual ganti biola lagi.

JS. BACH 

Ini namanya mirip musisi maestro biola juga ya, kalau ini yang punya dulu memang orang yang udah profesional, saya ga tau seri yang berapa, tapi kalau soal suara sudah ga diragukan lagi, tapi waktu itu karakter suaranya memang beda sih sama biolan saya, yang jelas lebih bagus, tebel, sama ga berisik.

Pearl River

Ini sebenarnya yang dulu pernah ngumpul , biolanay udah dirombak juga jadi udah di operasi juga, jadi suaranya udah beda katanya lebih mending yang setelah di operasi.

Maaf, ini bukan review buat semua merk biola yang saya tulisakan, itu adalah biola yang pernah di bawa temen-temen waktu ngumpul latihan bareng. Jadi ga bisa buat referensi kalau misal merk ini suaranya pasti bagus merk ini pasti jelek, soalnya kembali lagi, semuanya perlu dicoba waktu mau beli, Itu hanya sekedar cerita.