Bikin Alunan Drum Sederhana Di LMMS

Di dalam artikel saya yang sebelumnya pernah membahas sedikit tentang LMMS. Dan sekarang saya ingin share sedikit juga cara bikin alunan drum, tapi memang yang saya buat ini sederhana, paling tidak anda yang baru belajar juga bisa mencobanya, jika anda yang sudah expert di dalam menggunakan LMMS , boleh juga memberi saran atau tips agar saya dan para pembaca lainnya juga mendapattambahan pengetuahuan tentang menggunakan software ini. Dan paling mudah pertama kali membuat sebuah alunan musik yaitu lewat beat bassline nya, jadi dimanakah itu? itu lho yang ikon sebelah kiri ikon piano kalau yang menggunakan LMMS versi yang baru, tapi yang lama sepertinya juga masih sama.

Sekarang mari kita coba buat yang sederhanya saja, gimana ya cara bikinnya? Pertama kita lihat dulu ke bar beat bass line nya, nah disitu kita masukan instrumen drumnya, tapi yang saya buat memang memakai plugin external yang bukan merupakan bawaan dari LMMS, hanya saja anda juga bisa memakai tab my sample(letaknya yang ada ikon not balok sebelah kiri, nanti disana ada banyak pilihan) , karena saya memakai plugin sf2 player untuk menjalankan free soundfont plugin (jnsgm2) ya namanya itu, tapi tidak menggunakan soundfont itu juga gapapa, karena di my sample sudah lumayan komplit. ini tampilan beat bass line editor milik saya:

Beat + Bassline Editor
Beat + Bassline Editor
Nah, itu yang biru-biru ketukannya drumnya, jadi yang biru itu yang aktif, kalau anda sudah mengatur beat bass line ediotrnya, anda bisa mengatur temponya juga, tapi tergantung selera, karena drum ini juga bisa jadi dasar anda dalam membuat musiknya juga. Bisa anda amati yang saya buat itu sederhan, dan beat bass line editor akan mengulang ketukan alunan drum yang sudah anda buat, memang untuk menggabungkannya dengan alunan lain perlu kombinasi yang pas , jadi itu yang saya tampilkan hanya salah satu style alunan drum sederhana dan saya menggunakan tempo 170 . anda juga boleh mengikuti alunan drum yang saya buat itu dan kira-kira hasilnya ini

Trus? cuma begitu? Sebenarnya itu hanya satu saja model alunan drum yang saya buat, anda bisa mengembangkannya sendiri, jika alunan drumnya sudah jadi anda bisa melakukan kombinasi dengan alat musik lain di song editor, cara mudah untuk memasukan alunan drum anda ke song editor, tinggal anda namakan saja beat bass line tadi dengan misalkan drum style 1 seperti yang saya buat, tinggal anda klik saja di song editornya yang kotak-kotak begitu, dan style drum anda sudah masuk ke dalam song editor. 

Anda juga bisa mengekspornya menjadi file .ogg atau wav. kalau yang file mp3 mungkin perlu plugin tambahan lagi, soalnya di software LMMS hanya tersedia 2 format itu saja pertama install. Segitu dulu ya, kita sambung lagi di artikel selanjutnya. Kalau ada masalah atau apa boleh di share juga disini mungkin ada orang lain yang bisa membantu kalau saya juga belum begitu tahu . Selamat pagi

File Project