Pengalaman Menjadi Blogger

Halo teman-teman, kembali lagi di blog saya yang membahas tentang banyak topik jadi saya sebut memang blog ini blog gado-gado, tapi yang terpenting semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat untuk anda. Di zaman yang secanggih sekarang ini kita banyak sekali menemukan sesuatu yang baru , contohnya smartphone, laptop, komputer. Dulu di tahun-tahun dimana benda itu masih belum ada atau ada tapi masih sangat mahal, jangankan terpikirkan mau jadi blogger, kepikiran bisa internetan saja belum sampai dan sekarang semuanya berubah, banyak sekali orang-orang yang memahami internet dan mencari penghasilan dari sana, contoh saja ngeblog. 

Dari dulu saat saya masih memiliki ponsel se k510i jamannya masih populer mig33 dan mxit, saya sudah suka membaca artikel tentang mencari penghasilan lewat internet , tapi, dulu belum begitu paham jadi asal cari saja di google dan ketemu sebuah artikel, ternyata, saya tersesat karena banyak artikel yang tidak jelas tentang mencari uang di internet. Semacam MLM online, dan bisnis model investasi yang banyak sekali diikuti orang dulu, biasanya mereka akan mendapatkan hasil dari refferal teman atau siapa saja yang mendaftar lewat link mereka. Dari sini , saya pernah mencoba salah satu bisnis online begitu yang pakai link refferal, hasilnya tanpa pikir panjang, dari group facebook dan dari posting link juga di friendster saya sebarkan dengan merangkai kata yang terkesan menarik agar banyak yang mau mendaftar, ternyata siasata saya berhasil dan saat mebuka akun situs bisnis tersebut, saya melihat beberapa dollar ada di akun saya mungkin karena ada yang mendaftar juga lewat link refferal milik saya.

Tapi semuanya itu sia-sia, saya yang dulu sangat awam sekali dengan bisnis internet hanya ikut-ikutan , hasilnya memang mengecewakan. Karena bisnis online yang saya ikut dan saya cari reffera susah-susah adaah situs scam atau palsu, ya saya mengetahui dari beberapa orang yang menuliskan review tentang situs yang scam atau hanya tipuan dari blog orang. Dari situ saya malah tertarik untuk membuat sebuah blog. Dan akhirnya blog saya jadi juga, dan waktu itu saya bikin pakai multiply, kalau sekarang mungkin sudah tidak ada. Disana saya hanya menuliskan tentang artikel copy paste yang berhubungan dengan anime dan manga, waktu itu saya lagi suka-sukanya nonton anime Bleach saya bahas disitu juga, tapi lama-lama saya menemukan situs yang tulisan blogspotnya. Tanpa pikir panjang saya cari perbedaan antara blogspot, multiply dan blog blog lainnya, dari situ saya mendapat informasi juga ternyat memang banyak situs yang menyediakan tempat untuk menulis artikel secara gratis tapi dengan subdomain yang mereka .

Akhirnya saya coba semua, dari blogger, multiply dan wordpress, waktu itu saya lumayan menyukai tampilan blog dari wordpress karena templatenya banyak dan control panelnya juga mudah, hanya saja waktu mencari informasi tentang bagaiaman agar blog kita berpenghasilan ternyata untuk wordpress yang gratisan alias langsung dari situsnya dan bukan hosting milik kita, itu kurang mendapatkan info yang bagus dan waktu itu banyak yang bilang sepertinya tidak bisa, lalu saya coba mencari artikel tentang monetize , banyak sekali yang bisa kita lakukan tapi blogspot adalah salah satu situs blog yang bisa dipasangkan semacam bisnis ppc, karena itu saya memilih blogspot yang gratis tapi bisa kita manfaatkan juga untuk monetize.

Dulu google adsense belum sepopuler sekarang, dan untuk daftar saja memang banyak syaratnya, bahkan saya pernah ditolak sampai 10 kali saat mendaftar dengan alasan under construction, tapi hal itu tidak membuat saya menyerah begitu saja, karena saya penasaran bagaimana para blogger yang fokus dibidang seperi ppc apakah memang bisa menghasilkan atau tidak. Jawaban yang saya dapatkan dari pengalaman saya adalah bisa tapi tidak semudah orang-orang atau blogger yang sudah screenshot penghasilan mereka entah di forum atau di di situs jejaring.

Saya ikut beberapa forum indonesia yang membahas tentang blog atau monetize tapi belum ada artikel yang benar-benar membuat saya merasa ngeh ketika menjalankan tips tips mereka untuk meraup banyak keuntungan, semuanya penuh resiko dan tak jarang juga beberapa tips yang mereka share ternyata malah membuat blog saya dulu semakin ga jelas dan kurang begitu bagus, alhasil saya  jarang memakan tips tips yang dibuat secara mentah, jadi disini memang perlu hati-hati juga dalam membaca dan memahami isi dari artikel-artikel seperti itu agar tidak terlalu terbawa ambisi tentang banyak keuntungan  yang membuat blog kita malah semakin terpuruk. 

Akhirnya saya putuskan untuk mencari jalan blogger saya sendiri(wkwkwkwkkwkkw kata-katanya sok banget ya) . Memang saya jarang membaca tentang SEO artikel yang muluk-muluk untuk dilakukan. Mungkin yang saya lakukan dulu hanya mencari niche keyword yang belum banyak saingannya. Tapi sekarang sudah jarang saya lakukan, wkwkwkwkkwkwkwk. Saya biasanya bisa menulis panjang lebar di artikel karena memang merupakan sebuah pengalaman yang saya alami, kecuali di blog yang memang saya khususkan untuk membahas 1 tema dan itu perlu beberapa referensi agar informasi yang kita publish di blog tidak bertentangan ataupun menyesatkan. Tapi karena saya kurang fokus jadi , belum begitu bisa mengoptimalkan masalah monetize blog atau mencari banyak visitor, jadi memang untuk menjadi seorang blogger apalagi blogger yang mencari penghasilan lewat blog milikinya itu dibutuhkan perjuangan keras dan fokus, karena selalu menyediakan konten bagus untuk bisa dinikmati para pembaca.

Jika banyak yang membaca artikel saya dan banyak yang suka, saya juga ikut senang karena secara tidak langsung tulisan saya bisa berguna untuk mereka yang sedang mencari informasi. Ngeblog juga bukan buat gaya gayaan tapi passion menulis yang diekspresikan dan di publish di internet supaya dapat menjadi sebuah informasi yang mungkin dibutuhkan orang lain.

Tapi ingat, tidak semua informasi yang ada diblog itu akurat atau benar, karena bisa saja para blogger menuliskan sebuah gossip, cerita fiksi atau malah menyebarkan berita bohong, jadi bagi anda yang suka mencari artikel blog, harus pintar juga untuk membedakan sebuah artikel yang hanya judulnya saja untuk mencari sensasi atau kontroversi yang tidak pas dengan isinya, atau memang blog yang menyediakan informasi yang anda butuhkan secara tepat dan bermanfaat.