Background Music , Bikin Game Jadi Lebih Berwarna

Selamat pagi pembaca, masih semangat buat belajar LMMS nya? Ada yang begitu paham menggunakan software ini? Saya juga masih belajar. Dari dulu saya memang sudah menyukai musik, terutama musik atau Background Game Music, Karena setiap game yang saya mainkan, yang dapat membuat bekesan atau teringat adalah background musiknya yang dikombinasikan bagus dengan permainannya. Jadi kalau anda ingin membuat musik sendiri untuk game yang anda kerjakan, bisa juga lho pakai LMMS. Fiturnya juga lumayan lengkap.

Musik game yang sederhana tapi bisa ngena itu memang susah, bahkan saya pernah membaca salah satu perkataan pembuat musik game The Legend Of Zelda, Ia pernah mengatakan kalau membuat musik, biasanya dia uji coba dengan dirinya sendiri, jadi musiknya yang sudah dibuat dan dirangkai menjadi baik di dengarnya hingga beberapa jam, jika saat itu anda merasakan sebuah kejenuhan dalam musik anda, brarti musik anda kurang begitu menarik dan ada yang tidak beres dari musik yang ia buat. Koji Kondo biasanya mendengarkan musiknya itu berulang-ulang , dia memang selalu mencoba membuat musik yang jika didengarkan berulang-ulang tanpa membuat orang yang mendengarkan merasa bosan. Yah , memang perkataan yang dia katakan ada benarnya , apalagi kalau membuat musik untuk game, karena salah satu elemen pendukung dari game adalah efek suara dan musiknya.

Jadi akan terlihat suasanya sedih, semangat, atau menggambarkan sebuah keadaan misal Kehancuran atau alam yang indah dan hijau. Untuk membuat seperti itu memang tidak mudah, anda harus benar-benar merasakan bahwa musik itu cocok untuk suatau keadaan yang berhubungan dengan game itu. Kadang saya teringat game jadul NES dan sebangsanya, game buatan Jepang rata-rata memiliki sebuah ciri khas musiknya itu bisa menyatu dan menggambarkan keadaan di dalam game, jadi kesannya menarik dan memang pantas untuk digabungkan dengan gamenya.

Nah saya lihat di forum game dev jarang juga yang membahas musik atau bgm, kebanyakan hanya build gamenya, padahal di dalam game simulasi seperti buatan kairo soft, musik adalah bagian terpenting juga dalam pembuatan game.

Hanya share opini saya, karena memang musik di dalam game memiliki peran sangat penting, soalnya waktu anda yang dulu pernah bermain Super mario, jika ada musiknya entah terdengar dimana, anda pasti akan ingat kalau itu musik dari super mario walaupun alat musik untuk bermainnya berbeda-beda.

Selamat siang.