Buat Visual Novel Sendiri Dengan Aplikasi Renpy

Ada suka membaca Novel?Novel fantasi atau malah Misteri? Atau anda malah ingin sekali membuat sebuah karya sendiri yang bisa dibaca banyak orang ? Jika anda berencana membikin sebuah visual Novel, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Renpy.

Renpy memang salah satu aplikasi favorit untuk membuat visual Novel dan memang dikhusukan untuk membuat VN. Tapi anda bebas merombak dan memodifikasinya hingga menjadi tampilakn seperti yang anda inginkan sendiri.

Untuk menggunakan Renpy juga terbilang tidak terlalu sulit tapi tidak terlalu mudah. Dengan adanya dukungan help untuk melihat fungsi dan fiturnya anda bisa terbantu dalam memanfaatkan aplikasi ini untuk kepentingan anda.

Sebenarnya aplikasi ini dari jaman dulu saya masih SMK masih belum punya komputer sudah rilis, dan hingga saat ini masih juga di update, terakhir kemarin update bulan Desember. Dan memang sangat membantu anda untuk membuat visual novel yang anda inginkan.

Yang lebih menarik lagi adalah karena aplikasi ini Open source. Anda bisa memanfaatkannya menerbitkan Visual Novel anda sendiri yang bisa di publish di berbagai platform atau istilahnya Cross Platform.

Saat ini aplikasi Renpy tersedia hampir dalam berbagai platform yang kebanyakan dipakai orang mulai dari Windows, linux, mac dan kita bisa mengeksport Novel yang kita buat ke berbagai platform itu juga , atau anda ingin mengeksportnya ke android atau ios? Aplikasi ini mendukung hal itu. 

Tentu saja untuk segala fitur yang ditawarkan ditambah lagi dengan lisensi open source dari aplikasi ini adalaha salah satu sebab Renpy bisa diminati kalangan pembuat Visual Novel.

Anda bisa berkunjung ke situs resminya di https://www.renpy.org

dan ada juga beberapa contoh visual novel bahkan yang berbentuk game RPG juga ada yang bisa anda jalankan. Penulis pernah mencari salah satu novel yang dibuat dengan aplikasi ini yang dibuat oleh orang indonesia, dan ternyata saya menemukan banyak penulis VN yang sudah memanfaatkannya bahkan menshare Novel hasil buatannya menggunakan Renpy. Oke tunggu apalagi. 

Jika anda punya ide tentang membuat Novel, tidak ada salahnya anda mencoba aplikasi ini yang dapat membuat Novel anda menjadi lebih interaktif.