Cara Memberi Rumput Di Sweet Home 3D

Lama ga update tentang Sweet Home 3D yang hingga sekarang sudah versi 5.4 . Dan mungkin sudah banyak yang tahu biar Ground pada rumah yang sedang kita desain menjadi rerumputan, atau malah belum tahu? 

Okay. bagi anda yang belum tahu , saya sedikit share tentang pengetahuan sedikit saya untuk membuat lantai dari Design rumah Sweet Home 3D menjadi Rumput.

Sebenarnya ada 2 cara yang bisa kita lakukan agar ada rerumputan yang tumbuh atau hanya sekedar merubah lantai menjadi rumput.

Yang pertama kita bisa mengimport texture rumput yang tentunya gratisan dan bisa anda dapatkan di berbagai situs penyedia texture gratis, bisa anda searching saja dengan kata kunci Free Grass Texture.

Nanti akan muncul banyak pilihan dan anda bisa melihat lisensi dari texture yang ingin anda gunakan, karena tidak semua texture yang ada di internet adalah gratis, ada juga yang berbayar kalau memang benar-benar texturnya detail secara bentuknya.

Cara mudah berikut ini adalah langkah import texture agar lantai dari desain yang sedang kita buat menjadi rerumputan.

Pilih menu 3D View dan Klik Modify 3D View . Disitu ada menu Ground dan Sky, Selain anda bisa merubah tampilan Ground atau tanahnya, anda bisa juga merubah tampilan langitnya , Dan disini kita akan mengubah Tampilan Ground menjadi Grass, Tinggal anda pilih saja texture Grass . 

Lebih jelasnya lihat gambar dibawah

Memberi Rumput Di Sweet Home 3D

Mudah kan? Jika Texture Rumput belum anda masukan, tinggal pilih import dan anda cari dimana texture rumput anda.

Cara kedua adalah dengan menggunakan model rumput 3D, hanya saja disini jika komputer anda tidak terlalu bagus bisa saja malah nambah lemot, karena object 3D ini kan lebih realistis jika dilihat dari suduh manapun dan tentunya terlihat bentuknya dari garis x,y,z .

Tapi jika anda ingin menambahkan model rumput ini, pertama anda harus mencarinya dulu. Mungkin di blendswap atau disitus penyedia free model juga banyak, atau anda bisa lihat dulu di galeri dari Sweet Home 3D , barangkali sudah disediakan.

Kalau untuk menambahkan rumput model seperti ini caranya sama seperti import furniture karena objectnya tentu saja berbentuk file .obj jadi tinggal import dan sesuaikan view yang benar di kamera dan tinggal add atau drag saja ke bagian yang ingin diberi rerumputan.
Kalau belum jelas , bisa lihat Artikel saya yang sebelumnya tentang Import Furniture Di Sweet Home 3D.

Mungkin ada cara lainnya? kalau penulis sering menggunakan hanya texutre saja, karena belum pernah hingga membuat taman begitu. Pengen juga design kebun atau mini garden dengan Sweet Home 3D.

Tapi penulis masih mencari bahan untuk itu semua. Tunggu Artikel Berikutnya ya. Kalau ada yang belum jelas boleh tanya-tanya. Kalau penulis bisa akan dijawab. Terimakasih.