Berkenalan Dengan Voxel Art dan MagicaVoxel

Selamat siang pembaca, apakah anda sangat menyukai desain grafis? Desain grafis memang banyak sekali macamnya , salah satu yang ingin saya bahas adalah tentang Voxel Art? Kira-kira apa itu ya?

Jika anda pernah bermain Game Minecraft atau sejenisnya, tentu saja anda sudah sangat familiar dengan grafisnya yang kotak-kotak begitu. Nah di dalam game sandbox seperti minecraft tersebut, mereka menggunakan voxel based. Voxel sendiri merupakan salah satu bentuk dari pixel art tetapi dengan grafik 3 dimensi. 

Jika di dalam sebuah pixel art kita menggunakan sebuah titik yang sebenarnya jika di zoom terlihat bentu persegi yang membentuk sebuah gambar, di voxel art ini kita menggunakan sebuah kubus sebagai landasan untuk membuat sebuah object.

Berkenalan dengan Magica Voxel
Tampilan Software Magica Voxel, ephtracy 

Anda sebenarnya juga bisa membuat karya dengan banyaknya software voxel yang sudah tersedia lho, keren-keren! Salah satu software yang bisa anda gunakan adalah Magica Voxel, bahkan dalam software ini anda bisa langsung preview renderingnya sambil mengeditnya. Sayangnya untuk menjalankan software ini tentu butuh graphics card yang memenuhi syarat. 

Karena saya sangat penasaran dengan editor voxel ini, saya langsung mencarinya. Dan ternyata Magica Voxel adalah software open source, jadi anda bisa mendapatkannya secara cuma-cuma dan langsung mencobanya. 

Tanpa pikir panjang, saya mencoba software ini, tapi hasilnya agak mengecewakan. Bukan dari sisi softwarenya, melainkan komputer yang saya gunakan( tapi tetap disyukuri) . Dari komputer jadul yang saya gunakan ini, Magica Voxel berjalan dengan sangat lancar. Namun saat ingin melihat hasil renderingnya, ternyata yang ada hanyalah tampilan Blank screen. 

Magica voxel blank screen render
Blank waktu render gan :(
Setelah itu saya mencoba mencari solusi, dan ternyata ada yang mengalami kejadian sama persis, tapi jawaban dari developer software ini mengatakan bahwa , kartu grafis yang digunakan tidak memenuhi syarat, alhasil yasudahlah,  saya tidak bisa memberikan contoh rendering finalnya dengan software ini.

Bagi teman-teman yang ingin mencobanya, bisa langsung ke situs resmi dari software Magica Voxel

Di dalam software ini juga sudah ada berapa contoh obyek voxel seperti pada gambar diatas, tapi tentu saja anda bisa membuat karya anda sendiri. Jika mearasa belum puas dengan hasil rendering bawaan softawarenya, anda juga bisa mengekspor objectnya ke berbagai format, salah satunya adalah .obj. Tapi menrurut pengalaman saya yang sudah melihat beberapa tutorial dan contoh voxel art yang dibuat orang-orang, render tools yang ada di dalam softrware ini sebenarnya sudah sangat bagus dan keren. 

Anda juga bisa melihat hasil karya orang lain entah browsing di google atau youtube jika ingin sekalian belajar menggunakannya. Pada dasarnya karena saya juga menyukai pixel art, membuat sebuah object voxel dengan software Magica Voxel ini masih bisa dibilang mudah lho! Terutama anda yang sering bermain game voxel based dan mendesain worldnya, pasti anda akan sangat mudah mempelajari software Magica Voxel ini.

Salah satu video dari youtube yang membuat saya tertarik dengan Magica voxel adalah ini :


Anda bisa melihiatnya sendiri, itu adalah salah satu karya yang bisa anda buat menggunakan Magica Voxel, dan hasilnya Wow!, bikin saya lebih semangat untuk belajar tetang membuat desain voxel.

Bagaimana menurut anda? Untuk software ini sendiri, saya mencoba mencari beberapa tutorial yang yang berbahasa Indonesia, tapi sayangnya di google maupun youtube sepertinya jarang sekali orang indonesia yang membahas tentang software ini dan design voxel art ini.

Atau Mungkin apakah anda para pembaca yang akan menjadi salah satunya? . Selamat mencoba! semoga bermanfaat.