Apakah Bisa Membuat Furniture Sendiri Untuk Sweet Home 3D?

Situs Sweet Home 3D
Situs Sweet Home 3D
Sudah beberapa kali saya melihat keyword cara membuat furniture sendiri untuk Sweet home 3D masuk ke list keyword entry blog ini. Nah kali ini saya hanya ingin sedikit nulis jawaban dari judul diatas. Barangkali bisa menjadi sebuah solusi bagi teman-teman yang ingin mencoba membuat furniture sendiri untuk bisa dimasukan ke dalam desain rumah yang sudah dibuat menggunakan Sweet Home 3D.

Jawabannya adalah "Sangat Bisa". Anda bisa membuat furniture dengan berbagai bentuk hasil ide anda sendiri, tapi tentu saja kita memerlukan software untuk modelling 3D, Misalnya Blender, 3D max, Maya, atau software lainnya untuk membuat sebuah model 3D.

Dari software tersebut teman-teman bisa membuat object furniture yang sudah direncanakan. Memang butuh latihan lagi. Tapi jika ada niat untuk membuat karya sendiri di dalam desain rumahnya, software modeling tersebut sangat berguna. Selain bisa desain rumah, nambah ilmu lagi, jadi bisa modeling furniture kan? Bukankah hal itu sangat menguntungkan anda sendiri? 

Apalagi saat ini untuk rendering yang dihasilkan oleh software-software tersebut bisa terlihat sangat realistis. Jika teman-teman ingin membuat furniture untuk sweet home 3D sendiri. Saya sarankan pakai Blender 3D. Selain gratisan, softwarenya juga sangat powerfull. Kalau kurang yakin, teman-teman bisa melihat hasil karya dari orang lain di forum facebook misalnya di forum Blender Army Indonesia. Disana banyak banget yang sudah expert maupun masih belajar.

Yasudah segitu dulu penjelasannya. Hanya sekedar share saja. Untuk cara membuat furniturenya, saya pernah menulis sedikit tentang "membuat meja di Blender 3D". Tapi hanya secara sederhana, untuk kelanjutannya, bisa teman-teman kembangkan sendiri sesuai ilmu yang didapat. 

Oh iya, dalam membuat sebuah furniture, agar dapat dimasukan ke dalam Sweet Home 3D. Teman-teman harus mengexportnya ke format .obj, karena format tersebut dari dulu memang sudah digunakan oleh Sweet Home 3D. Tapi semakin lama, software ini juga berkembang pesat, jadi saya kurang tahu apakah bisa untuk import format lain apa belum, karena belum menginstalnya lagi.

Semoga bermanfaat.