Cara Mudah Mengganti Desktop Environment Ubuntu Ke Gnome

Kurang lebih 2 harian saya direpotkan dengan permasalahan yang ada pada OS ubuntu 16.04. Tiba-tiba setelah update software, entah software apa gitu, pokoknya dari situs resmi, dari situlah mulai timbul masalah yang membuat lelah, karena di beberapa forum yang saya kunjungi seperti askubuntu dan blog-blog lainnya, belum ada solusi yang work untuk permasalahan yang dihadapi.

Ubuntu 16.04 yang terinstal di Laptop saya ini tiba-tiba menjadi aneh, karena setiap menekan tombol menu , sidebarnya langsung flicker/berkedip dan menghilang 2 detik, setelah itu spawn kembali dan begitu terus jika saya pilih atau tekan pada menu. Tentu hal ini bikin repot. 

Akhirnya dengan santai saya kunjungi banyak situs dan forum. Ada beberapa yang mengalami kendala seperti saya, tapi belum ada jawaban yang tepat. Maka dari itu saya memutuskan untuk menghapus dan mengganti desktop environment dari default ubuntu yaitu Unity dengan GNOME. Karena akar permasalahannya adalah dari kombinasi Unity dengan Compiz.

Mulanya memang hal ini terpaksa saya lakukan agar lingkungan desktop ubuntu saya menjadi normal kembali. Jujur saya memang lebih suka dengan Unity, tapi setelah melihat review dari GNOME yang semakin lama kok dilihat makin keren, serta banyak template yang bagus . Dari situlah awal niat keterpaksaan menjadi sebuah minat. Oke barangkali ada yang mengalami permasalahn sama seperti saya? kalau iya, Mari ganti dengan lingkungan desktop Gnome!

Tampilan Gnome 3 di ubuntu 16.04

Cara install GNOME 3 di Ubuntu:

1. Silakan masuk terminal dan ketikan :

sudo apt-get install gdm

gdm merupakan lingkungan desktop dari GNOME, jadi kita memerlukan itu unutk mengganti lingkungan desktop full Gnome.


2. Silakan anda ganti Lightdm dengan gdm yang sudah anda install tadi, dengan cara ketikan perintang beriut ini di terminal:

sudo dpkg-reconfigure lightdm

Pilih gdm dan tekan enter, dan silakan anda reboot PC/komputer . Jika sudah berubah maka tampilan login awal otomatis akan berubah menjadi tampilan GNOME. Mengganti lingkungan desktop Unity dengan GNOME hanya seperti itu.

Mengganti desktop environment bukan berarti lingkungan default ubuntu (Unity) yang ada langsung terhapus. Tapi jika anda mengalami masalah seperti saya, lebih baik ganti full Gnome saja. Berikut ini adalah cara menghapus Desktop environment dari Unity :

Pertama pastikan bahwa anda sudah menginstal lingkungan desktop baru, saya contohkan adalah kelanjutan yang tadi setelah anda berhasil mengganti dengan tampilan GNOME.

Silakan keting perintah berikut untuk menghapus Unity dari Ubuntu:

sudo apt-get remove unity

sudo apt-get remove lightdm

sudo apt-get remove ubuntu-desktop

Ok, dari sini Unity anda sudah terhapus, tapi ingat resiko tanggung sendiri ya, untuk berjaga-jaga lebih baik jangan hapus dulu jika Unity anda tidak mengalami error yang banyak seperti milik saya. Jadi sewaktu-waktu anda bosan dengan tampilan gnome, bisa langsung di konfigurasi lagi kembali ke tampilan Unity.

Untuk lebih jelasnya silakan menuju ke link Askubuntu : How to remove Unity .