Darimana Blogger Mendapatkan Penghasilan?

Darimana Blogger Mendapatkan Penghasilan?
Image via Pixabay
Bagi orang awam yang masih bingung di dunia perbloggingan, sering kali timbul tanda tanya dengan profesi mereka, bagaimana mereka bekerja, dan bagaimana mereka bisa mendapatkan penghasilan. Di dalam artikel ini saya akan sedikit bercerita tentang sumber penghasilan yang diperoleh berdasarkan apa yang saya ketahui.

1. Iklan

Iklan merupakan salah satu cara blogger mendapatkan penghasilan. Dan jenis dari iklan yang ada sangat beragam, salah satu contoh adalah iklan dari Google Ads. Tapi penghasilan yang diterima dari google Ads biasanya sebanding dengan visitor yang datang di blog tersebut, semakin banyak visitor, semakin besar pula peluang sebuah blog mendapatkan hasil yang lebih.

Selain Google Ads , masih banyak iklan-iklan lain yang bisa dipasang, bisa juga dengan memasang iklan dari penawaran yang dilakukan blogger tersebutm jadi cukup tawarkan kepada orang yang ingin menempatkan iklan di blog dengan harga yang dapat ditawarkan oleh blogger yang bersangkutan.

2. Jualan Produk/Jasa

Seorang blogger tidak melulu menggantungkan penghasilan pada iklan, mereka juga bisa membuat blog yang dikelola menjadi ladang promosi dan perkenalan produk milik mereka sendiri. Jadi , dalam poin ini, fungsi blog adalah untuk sarana agar sebuah produk yang dibuat menjadi dikenal dan beli oleh orang-orang yang tahu.

Contoh produk yang ditawarkan bisa menyesuaikan dengan topik blog yang dibahas, contohnya pada sebuah blog yang membawas tentang dunia blog, bisa juga sambil membuat e-book tentang perbloggingan atau menjual template blog hasil karya sendiri disana.

3. Dapat sponsor

Ketika sebuah blog sudah dikenal oleh banyak orang, tidak menutup kemungkinan akan ada sebuah perusahaan yang bersedia memberikan sponsor. Dan akan terjadi sebuah proses saling menguntungkan disini. Biasanya para blogger yang mendapatkan sebuah sponsor juga punya tugas untuk untuk berpromosi atau memperkenalkan produk dari perusahaan pemberi sponsor agar lebih dikenal oleh para pembaca blognya. Tapi mungkin bisa juga dengan iklan.

Paling enak kalau pemberi sponsornya memiliki tema yang cocok dengan blog yang dibahas, hehehehe :v.

4. Jadi pembicara

Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, hal ini memang benar, seorang blogger yang sudah banyak pengalaman pada bidang dan topik yang mereka tulis, memiliki wawasan yang lumayan untuk bisa di ceritakan oleh orang lain. Terkadang, mereka yang dianggap sangat berpengalaman pada bidangnya akan diundang dan dibayar sebagai pembicara. Sangat banyak blogger-blogger Indonesia yang jadi pembicara sesuai dengan topik blog yang mereka tulis.

Seorang Blogger biasanya dikenal lewat tulisannya, dan yang paling awal mungkin alamat situsnya. Banyak sekali dari kita yang tak sadar ketika mencari sebuah tutorial ataupun artikel , ternyata mampir di blog-blog milik orang yang membahas tentang topik yang sedang dicari. Pada saat itu, anda merupakan seorang visitor/pengunjung yang sedang bertamu ke rumah mereka, dan anda merupakan salah satu aset berharga bagi para blogger.