Bagaimana Cara Agar Kembali Semangat Ngeblog?

Saya sedang mencari jawaban dari pertanyaan yang dijadikan judul di atas. Yang namanya ngeblog memang naik turun semangatnya, bahkan sering turun , wkwkkw. Jika anda sering berkunjung di blog ini pasti tahu kalau artikelnya jarang di update. Nah memang demikian adanya. 

Ngeblog merupakan suatu kegiatan yang menjadi beban ketika kita merasa terbebani, kadang membuat artikel yang berkualitas itu menjadi sebuah beban tersendiri yang lama-lama bisa membuat kita sebagai penulis menjadi jenuh(pendapat pribadi).

Maka dari itu, untuk memperoleh semangat kembali dalam menulis, perlu sebuah solusi. Beberapa cara yang sering saya lakukan adalah sebagai berikut!

1. Mencari artikel dari teman lain yang postingan tentang cara mengembalikan semangat ngeblog.

Saya yakin, pasti banyak yang nulis. Dan anda akan mendapatkan jawaban yang bervariasi ketika membaca dari blog satu ke blog lainnya.

2. Membaca Postingan artikel lama yang pernah kita buat

Terkadang saya mengembalikan mood untuk menulis di blog karena membaca artikel-artikel terhadulu yang diposting. Saya sering senyum-senyum sendiri melihat postingan saya di blog ini yang kadang terasa rada gak nyambung kalimantnya.

3. Nulis aja bebas(Di blog gado-gado)

Gunanya blog gado-gado juga untuk hal ini! Tulis saja semua yang ada didalam pikiranmu, uneg-uneg, kesedihan, curhat dan lainnya. Yang penting tulisannya tetap sopan.

4. jangan jadi beban dan bersenang-senang

Sebenarnya cara ini sangat jitu, dan bisa anda praktekan bagi yang belum bisa mengatur mood saat blogging. tapi, bagaimana dengan blog yang berfokus pada tema tertentu? apakah bisa bersenang-senang saat menulisnya?

Jawabannya adalah tergantung diri anda, kalau anda jadi blogger bayaran untuk menulis sebuah artikel yang sudah diatur oleh klien anda, ya mungkin kurang bisa bersenang-senang. Tapi jika anda membuat sebuah blog dengan niche yang anda sukai, setidaknya dalam melakukan update posting tidak terlalu membebani diri anda sendiri .

Beda lagi kalau anda nulis niche secara paksaan pada diri anda sendiri hanya untuk mengejar sesuatu seperti kejar target Payout Google Ads atau untuk tujuan lainnya. Mungkin akan ada beban ketika anda tidak bisa mengeksplorasi dan memahami topik yang anda buat, karena ide-ide untuk artikel selanjutnya sangat minim.

5. Berhenti melihat visitor dan menunda menulis ide postingan yang anda dapatkan!

Melihat visitor blog yang sedikit dan blog miskin komentar itu rasanya bikin mood update artikel jadi turun lho! Saya sudah membuktikan sendiri. Jadi untuk masalah visitor ini bisa anda lihat hanya sebulan sekali saja atau mungkin beberapa bulan sekali jika anda masih baru dalam dunia perbloggingan. Siapa tahu, ketika anda lebih rajin update artikel daripada lihat pageviews dan jumlah visitorm blog anda sudah berkembang lebih dari yang diharapkan!

6. Untuk yang masih baru, jangan langsung berorientasi pada hasil/earning dan tidak perlu membuat jadwal rutin untuk kejar taget posting jika belum terbiasa
Bagaimana Cara Agar Kembali Semangat Ngeblog?
Image by Pixabay

Ngeblog itu seperti Berinvestasi, jadi merupakan jangka panjang dan jangan harap hanya sebulan atau 2 bulan blog anda langsung bisa menghasilkan dollar secara rutin bahkan banyak, tapi ga tau juga kalau yang master-master blogger bisa apa tidak. Yang jelas untuk pemula jangan berharap dan terlalu berorientasi pada hasil, nikmati dan senangi dulu proses nulisnya, hasil itu bonusnya.

7. Tidak perlu terlau mikir tentang SEO dan teruslah update!

Daripada mikir seo yang bikin pusing, algoritma search engine, dll, lebih baik terus update dulu. Memang benar jika kita sebagai blogger sangat paham dengan SEO akan menjadi lumayan mudah dalam menentukan keyword untuk suatu artikel. Tapi untuk pemula, lupakan hal itu dulu dan tulis apa yang menjadi kesenanganmu!

8. Berhenti ngeblog

Anda sudah tidak bersemangat lagi mengupdate artikel di blog? Yasudah berhenti ngeblog dulu. Bisa sementara atau mungkin selamanya. Jadi intinya, jika blogging merupakan sebuah passion , saya yakin anda tidak akan memilih jalan ini, beda lagi dengan yang cuma ikut-ikutan.

Apalagi hayo? kalau ada saran lain bisa ditulis di kolom komentar ya, biar bisa dibaca pengunjung lainnya juga yang memiliki kegalauan, kejenuhan dan tidak semangat dalam ngeblog. Semoga mereka yang membaca akan merasa lebih baik serta mood dan semangatnya kembali bagus.