Perlukah Shoulder Rest Dalam Biola?

Perlukah Shoulder Rest Dalam Biola?
Image via Pixabay
Sudah lama sekali saya tidak memposting artikel yang berkaitan dengan biola. Dan ketika saya cek keyword yang masuk di blog ini. Saya mendapatkan ada user search engine yang menanyakan pertanyaan sesuai dengan judul yang saya tuliskan di atas.

Perlukah Memakai Shoulder Rest Ketika Bermain Biola?

Jawabannya bisa perlu bisa saja tidak. Kenapa demikian? Karena ukuran panjang leher dan bentuk wajah dari setiap orang berbeda-beda. Jadi permasalahan sebenarnya diciptakan sebuah Shoulder Rest adalah soal kenyamanan.

Bagi saya sendiri yang memiliki leher tidak terlalu panjang, saya memilih tidak memakai Shoulder rest karena hanya dengan memilih jenis Chinrest yang pas sesuai dengan bentuk wajah, saya sudah bisa bermain biola dengan nyaman. Dan ketika mencoba menggunakan shoulder rest memang terkesan lebih kencang dan erat dalam meletakan biola. Namun saya merasa kurang nyaman(Mungkin karena faktor kebiasaan).

Hal ini tentu saja bisa berbeda dengan pendapat orang lain yang bermain biola. Ada yang memakai Shoulder rest, ada juga yang tidak. Ada yang nyaman dengan itu, dan ada pula yang lebih nyaman tanpa memakai shoulder rest.

Dan semua kembali ke pribadi masing-masing, apakah merasa nyaman ketika bermain biola menggunakan atau tanpa shoulder rest. Hal tersebut yang bisa merasakan adalah anda sendiri sebagai pemain. 

Bahkan dalam pengalaman saya waktu dulu sering kumpul di komunitas biola, ada beberapa teman yang malah lebih nyaman dengan shoulder rest namun tanpa chinrest. Nah, tambah bingung kan? 

So? Coba lihat ke diri anda sendiri, apakah anda membutuhkan shoulder rest, atau tidak. 

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan ketika ikut komunitas biola di Jogja dulu. CMIIW!